Penerapan dan Efektivitas Cyber Branding Sebagai Media Promosi Penjualan di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Etika Kartikadarma Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Vilda A. V. Setyawati Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Nila Tristiarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.1.2.2019.24933

Abstract

Penerapan dan keberadaan internet mendukung mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha untuk mengembangkan potensi bisnis. Berdasarkan data yang dihimpun oleh APJII, pengguna internet terbesar pada generasi milenial (15-19 tahun). Hal ini yang seharusnya dimanfaatkan maksimal oleh mahasiswa tersebut untuk mempromosikan produknya melalui teknik cyber branding. Akan tetapi, tidak semua teknik cyber branding dimanfaatkan oleh mahasiswa dan fokus yang menjadi pemikiran mereka terbatas pada 4P (Product, Place, Promotion, and Price). Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan cyber branding dengan menggunakan lebih dari satu sosial media untuk promosi penjualan di kalangan mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah aplikasi ke masyarakat kewirausahaan. pada 10 tenant mahasiswa secara kualitatif. Materi cyber branding diberikan selama 3 sesi. Hasil penerapan teori cyber branding yang diberikan mengubah cara berpikir mahasiswa dari 4P  menjadi 4E (Engagement, Educate, Excitement, Experience)  dan efektif untuk diterapkan dalam kegiatan promosi penjualan.

References

Brodie, R. J., L.D. Hollebeek, B. Juric, and A. Ilic. 2011. Customer engagement: Conceptual Domain, Fundamental Propositions and Implication for Research. Fortcoming Jurnal of Service Research.

Bungin, B., 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. , Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Durianto, D., A.W. Sugiarto, dan H.S. Widjaya. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif : Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Haryanto, A. T., 2019. Pengguna internet Indonesia didominasi Milenial, https://inet.detik.com/telecommunicatio n/d-4551389/pengguna-internetindonesia-didominasi-milenial. Jakarrta.

Irawati, N. R., 2016. Efektivitas website sebagai media promosi Agrowisata Gunung Mas. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Misnawati & Yusriadi, 2018. Efektivitas pengelolaan kewirausahaan berbasis kognitif personal melalui penggunaan infrastruktur digital (media sosial). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 2(3), pp. 138-145.

Parker, B. J., 2010. A Conceptual Framework for Developing the Female Entrepreneurship Literature. Journal of Research on Women and Gender, March(I), pp. 169-190.

Rangkuti, F., 1997. Analisis SWOT : teknik membedah kasus bisnis reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sholihah, A., 2018. Penggunaan instagram sebagai media promosi (STudi deskriptif kualitatif pada produk teh Thailand Pikameame di Yogyakarta. Universitas

Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Tambunan, T., 2009. Women Entrepreneurship in Asian Developing Countries: Their Development. Journal of Development and Agricultural Economics I(2) : 27-40

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Kartikadarma, E., Setyawati, V. A. V., & Tristiarini, N. (2019). Penerapan dan Efektivitas Cyber Branding Sebagai Media Promosi Penjualan di Kalangan Mahasiswa. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2). https://doi.org/10.35799/vivabio.1.2.2019.24933