Pembangunan Generasi Berkarakter Rabbany Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Ibadah Mahdlah di Kabupaten Cianjur

Authors

  • Sofyan Sauri Departemen Pendidikan Bahasa Arab FPBS Universitas Pendidikan Indonesia 40151
  • Asep Sopian Departemen Pendidikan Bahasa Arab FPBS Universitas Pendidikan Indonesia 40151

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.1.3.2019.26738

Abstract

Fenomena yang terjadi pada saat ini menunjukkan keterpurukan moral dan akhlak manusia. Berita-berita pembunuhan, pemerkosaan, perzinahan, perjudian, perampokan, dan lain sebagainya sudah menjadi menu berita setiap pagi. Belum lagi, sarana yang mempermudah akses manusia terhadap berbagai hal yang mengarah kepada dekadensi moral semakin mudah di antaranya dengan adanya internet dan hand phone. Seorang siswa dapat dengan mudah mengunduh video porno yang baru-baru ini dilakukan dan dipertontonkan oleh para artis. Di samping itu, berbagai berita dalam masalah hukum seperti parade pemberitaan tentang koruptor, mulai dari pengusaha sampai pejabat baik eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan penyadaran kepada masyarakat tentang urgensi membangun masyarakat rabbany melalui internalisasi nilai-nilai ibadah mahdlah, disamping sebagai sarana penerapan ilmu keagamaan. Metode kegiatan ini dilakukan melalui seminar dan penyuluhan serta pendampingan di Desa Cidadap Kabupaten Cianjur dengan sasaran majelis taklim, ormas, pada dai, dan guru. Adapun kesimpulan bahwa internalisasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai ibadlah mahdlah sangat penting dalam membangun generasi rabbany.

References

Al-Qur’an al-Karim

Hendarman. 2016. “Isu-Isu Kebijakan Pendidikan: PReentasi Sinkronisasi Program Pelibatan Publik dalam Penelitian.†Makalah disajikan dan didiskusikan di BAPEDA (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) Kota Bandung,pada tanggal 5 Oktober 2018.

Tafsir, A. (2000), Metodologi Pengajaran Agama Islam; Suplemen Modul-modul Program Penyetaraan D-2 GPPAI SD/MI, Bandung: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati.

Komalasari. 2012. “The effect of contextual learning in civic education on students' character developmentâ€. Asia Pacific Journal of Educators and Education, Vol. 27,87–103, 2012. Tersedia: http://ums.my. Diakses tanggal 25 Februari 2013.

Setyaningrum, Y. dan Husamah 2011. “Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah berbasis Keterampilan Prosesâ€, Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan , Vol 11, No. 1. Tersedia: http://www.e-journal.umm.ac.id (diakses tangga; 25 Februari 2018).

Sopian, A. 2018. “Internalization of Character Education in the SMPIT As-Syifa Boarding Schoolâ€, SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains, Sosial, dan Kemanusian Volume 11, No.1. hal 47-62.

Susmanto, D. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran (2012). Tersedia [Online]: http://daryosusmanto.blogspot.co.id/2012/07/implementasi-pendidikan-karakter.html. Di akses 20 Februari 2015.

Kemenpora RI. (2009). “Penyajian Data Informasiâ€. [online] http://www.kemenpora.go.id (diakses tanggal 20 Februari 2018)

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Sauri, S., & Sopian, A. (2019). Pembangunan Generasi Berkarakter Rabbany Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Ibadah Mahdlah di Kabupaten Cianjur. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(3), 18–25. https://doi.org/10.35799/vivabio.1.3.2019.26738