Pelatihan Identifikasi Satwa Kunci Sulawesi bagi Siswa Sekolah Menengah Kota Manado di Taman Wisata Alam Batuputih, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Authors

  • Parluhutan Siahaan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi
  • Saroyo S Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.1.3.2019.26812

Abstract

Pendidikan merupakan upaya sadar dalam membentuk tiga domain dalam pendidikan, yaitu kecerdasan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif). Upaya pendidikan dalam mendukung kegiatan konservasi dapat dilakukan melalui pengintegrasian materi konservasi dalam kurikulum pendidikan sekolah. Sebagai bagian dari Subkawasan Sulawesi, Provinsi Sulawesi Utara memiliki kekayaan hayati yang unik dan sangat beragam. Provinsi ini terletak di ujung timur Semenanjung Utara Pulau Sulawesi yang juga terdiri dari beberapa pulau satelitnya. Sejarah alam yang berlangsung jutaan tahun menyebabkan kawasan ini memiliki bentuk-bentuk endemik, baik endemik kunci yang  juga endemik Sulawesi. Endemisme lahir dari proses isolasi geografis yang memacu berlangsungnya proses evolusi. Telah dilakukan kegiatan pelatihan identifikasi satwa kunci pada siswa sekolah menengah dari Kota Manado dengan tujuan untuk lebih mengapresiasi kekayaan hayati Pulau Sulawesi yang dapat mendukung kegiatan pendidikan formal di sekolah. Kegiatan diikuti 100 siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas Kota Manado. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2019. Materi sosialisasi meliputi materi tentang konservasi biodiversitas di Sulawesi Utara dan praktik lapangan untuk mengamati dan mengidentifikasi satwa kunci Sulawesi yang dijumpai di Taman Wisata Alam Batuputih. Untuk mengevaluasi perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan digunakan ujian/tes yang meliputi pretes dan postes serta hasil pengamatan dan identifikasi satwa kunci di Taman Wisata Alam Batuputih. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa: telah terjadi peningkatan pengetahuan dari rata-rata 6.8 menjadi 8,1, sikap positif dari 3,1 menjadi 3,7 (rentang 0-4) dan pengamatan dalam identifikasi satwa kunci menunjukkan hasil baik. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap positif pada peserta.

References

Anonim. Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat. https://www.forclime.org/documents/Briefing%20Note/Bahasa/BR%206%20-%20CBFM_Ind.pdf. Akses. 10 September 2019.

Eghenter, C., , M. H. Putera, & I. Ardiansyah. 2012. Masyarakat dan Konservasi 50 Kisah yang Menginspirasi dari WWF untuk Indonesia. WWF-Indonesia. Jakarta.

Fitriyani, P. 2018. Pendidikan Karakter bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Pp: 307-314.

Kinnaird MF. 1997. Sulawesi Utara: Sebuah Panduan Sejarah Alam. Percetakan Redikencana. Jakarta.

Kurniawan, U., D. Sarosa, & R. Tyasari. Model Pendidikan Karakter untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Yogyakarta. https://media.neliti.com/media/publications/191657-ID-model-pendidikan-karakter-untuksekolah-m.pdf . Akses 10 September 2019.

Lee, R.J., J. Riley, & R. Merrill. 2001. Keanekaragaman Hayati dan Konservasi di Sulawesi Bagian Utara. Wildlife Conservation Societies (WCS), Natural Resources, dan Departemen Kehutanan. Jakarta.

Saroyo. 2011. Konsumsi Mamalia, Burung, dan Reptil Liar pada Masyarakat Sulawesi Utara dan Aspek Konservasinya. Jurnal Bios Logos 5 (1): 25-31.

Saroyo & R. Koneri. 2011. Pemetaan Distribusi dan Estimasi Populasi Monyet Hitam Sulawesi (Macaca nigra) di Sulawesi Utara dan Maluku Utara untuk Menentukan Status Konservasinya. Laporan Hasil Penelitian Hibah Kompetensi. Lembaga Penelitian. Universitas sam Ratulangi. Manado.

Saroyo & R. Koneri. 2013. Konservasi Primata Endemik Nokturnal, Tangkasi (Tarsius spectrum), Melalui Kajian Distribusi dan Estimasi Populasi di Sulawesi Utara. Laporan Hasil Penelitian Hibah Kompetensi. Lembaga Penelitian Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Sumarto, S. 2016. Biodiversitas Kota Bitung Sulawesi Utara. Penerbit CV Patra Media Grafindo. Bandung.

Surakusumah, W. Konsep Pendidikan Lingkungan di Sekolah: Model Uji Coba Sekolah Berwawasan Lingkungan. Jurusan pendidikan biologi fakultas pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas pendidikan Indonesia. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/197212031999031-AHYU_SURAKUSUMAH/Konsep_Pendidikan_Lingkungan_Hidup.pdf. Akses 10 September 2019.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Siahaan, P., & S, S. (2019). Pelatihan Identifikasi Satwa Kunci Sulawesi bagi Siswa Sekolah Menengah Kota Manado di Taman Wisata Alam Batuputih, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(3), 33–37. https://doi.org/10.35799/vivabio.1.3.2019.26812