PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35799/vivabio.2.1.2020.28804Abstract
Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik dan inovatif agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal khususnya dalam mata pelajaran Matematika. Upaya yang dapat memperbaiki suasana belajar yang menarik sehingga hasil belajar siswa meningkat dalam kegiatan pembelajaran melalui model  pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah   di kelas VI Sekolah Dasar di Gugus Gajah Mada Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan design penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design dan tehnik penelitian melalui tes pilihan ganda pre test dan post test. Dimana SD Negeri Balerejo I menggunakan model Inqury dan SD Negeri Brakas menggunakan model Konvensional. Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI SD Negeri Balerejo I   memiliki rata-rata kelas sebesar 74,93 dan ketuntasan hasil belajar 100 %. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas VI Sekolah Dasar di Gugus Gajah Mada Kecamatan Dempet Kabupaten Demak oleh karena itu guru harus terus berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran agar hasil belajar siswa terus meningkat.
References
Rina Agustin. (2014). Inovasi Model Pembelajaran Inquiri. Jakarta: Kencana.
Baharudin dan wahyuni (2017). Faktor-faktor Hasil Belajar Bandung: Refika Aditama
Hafiza Fahmia (2019) yang berjudul Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa SD Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Volume 2 Nomor 3 Tahun 2019
Hendrawan (2014). Hasil Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
I Wayan Sudiana (2013) yang berjudul Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA Volume 1 Nomor 1 Tahun 2013
Kunandar. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Ni Wayan Juniati (2017) yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017
Paul Suparno. (2017) Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Pranowo (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Purwaningsih. (2016). Studi Komparatif Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas X di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Volume 5, Nomor 2 tahun 2016. ISSN 2252-9063.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sri Rahayu. 2011. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA . PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Slamet Riyadi No. 449, Surakarta 57126. e-mail: yayukrahayu538@yahoo.co.id
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Cetakan Ke 17. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thobroni (2016). Hasil Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wina Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Yanti Bua (2015) yang berjudul Pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing(Guided Inquiri)terhadap hasil belajar siswa di Sekolah. Jurnal penelitian Pendidikan Guru sekolah Dasar Vol 3 no 2 tahun 2015