Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk

Authors

  • Dediek Tri Kurniawan Departemen Manajemen, Universitas Negeri Malang
  • Inanda Shinta Anugrahani Departemen Akutansi, Universitas Negeri Malang
  • Arum Prasasti Departemen Manajemen, Universitas Negeri Malang
  • Raisa Fitri Departemen Manajemen, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.3.1.2021.31380

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi oleh UMKM di Malang adalah menciptakan kemasan yang menarik khususnya produk makanan dan oleh-oleh khas Malang. Padahal peran kemasan sangat penting karena menciptakan kesan pertama bahkan sebelum produk dikonsumsi. Kemasan telah mendukung penciptaan nilai tambah bagi sebuah produk dari segi bentuk, warna, hingga grafisnya. Kemasan juga berfungsi dalam membangun indentitas sebuah produk. Indentitas yang tidak konsisten dapat menyebabkan konsumen kesulitan dalam mengenal produk tersebut. Program pengabdian ini akan melakukan proses redesign kemasan dari produk oleh-oleh khas di Malang. Program pengabdian ini akan dilakukan di Desa Gajahrejo terletak di Kecamatan Gedangan di Kabupaten Malang. Program pengabdian ini akan fokus bagaimana mendampingi pelaku UMKM di Desa Gajahrejo untuk mengembangkan desain kemasan yang diharapkan mampu meningkatkan tingkat daya saing produk tersebut. Program pendampigan pada pelaku UMKM di Desa Gajahrejo yang terdiri dari: persepsi dan harapan UMKM terhadap kemasan yang ingin dihasilkan untuk produk dengan pengisian data. Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah desain baru dari produk peserta pelatihan. Proses pemetaan produk-produk Desa Gajahrejo menemukan bahwa produk-produk yang dihasilkan disana memiliki kualitas yang baik dan potensial untuk dikembangkan. Pendampingan pembuatan kemasan produk Desa Gajahrejo sementara hanya fokus pada dua produk yaitu kopi dan nugget kulit pisang yang diyakini memiliki potensi untuk diterima di pasar. “Gajahrejo†merupakan merek (brand) yang akan digunakan untuk produk-produk Desa Gajahrejo. Meskipun hanya dua produk yang dikembangkan, pengemasan dengan berbagai volume dilakukan untuk produk-produk bervariasi.

References

Permadi, D. T., Susatyo, N. W. P., & Pujotomo, D. (2017). Perancangan desain kemasan makanan ringan olahan pada UMKM center Jawa Tengah dengan metode Kansei Engineering. Industrial Engineering Online Journal, 6(1), 1–9.

Setiawan, R. D., & Oemar, E. A. B. (2015). Pengembangan desain kemasan VIVABIO Volume 3 Nomor 1, [April 2021] h. 22-29 ISSN 2685-1091. Jurnal Pengabdian Multidisiplin 29

Kurniawan, D.T., dkk. Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo. kripik singkong UD Aji Jaya Makmur. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(3), 183–189.

Theophany, H., Bramantya, B., & Sutanto, R. P. (2014). Studi visual perubahan desain kemasan sosis “ Bernardi †tahun 2009-2013. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1-13

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. (2020). Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.35799/vivabio.3.1.2021.31380