Pengembangan Keterampilan Pembuatan Desain Kemasan Serta Pemanfaatan Pemasaran Digital Sebagai Strategi Bertahan UMKM yang Terdaftar Pada PLUT K-UMKM Kota Batu

Authors

  • Della Ayu Zonna Lia Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang
  • Raisa Fitri Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v3i3.36792

Abstract

Tingginya tingkat persaingan antar pelaku UMKM di tengah era disrupsi digital dan menjamurnya e-commerce, mengharuskan pelaku UMKM memiliki keterampilan tambahan yang mampu memberikan nilai tambah pada produk yang mereka miliki. Pemberlakuan pembatasan pada kegiatan masyarakat dalam upaya penurunan penyebaran virus COVID-19, berdasarkan survei Kata Data Insight Center (KIC)  sebesar 82,9% UMKM terdampak negatif selama pandemi COVID 19.  Kondisi tersebut juga dikarenakan rendahnya pemanfaatan pemasaran digital, survei yang dilakukan Kata Data Insight Center (KIC)  membuktikan bahwa  hanya sekitar 4-10% UMKM memasarkan produknya pada platform digital. Upaya pemasaran digital ini juga harus disertai product branding yang baik, dimana hal tersebut diwujudkan dengan desain kemasan yang mewakili citra produk dan nilai tambah produk. Kedua strategi bertahan tersebut, diharapkan mampu diterapkan di Kota Batu yang memiliki total 14.750 unit UMKM, yang juga menjadi sumber pendapatan Kota Batu dan penyerap tenaga kerja. Menggunakan metode pelatihan dan pendampingan pada UMKM yang terdaftar di PLUT K-UMKM Kota Batu, diharapkan mampu memberikan solusi baru agar UMKM di Kota Batu mampu bertahan dan melakukan ekspansi pada masa pandemi COVID 19.

References

Apriyanti, M.E., 2018. Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), pp.20-27.

Lesmana, R., 2021. Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2).

Wardhana, A., 2015, April. Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp. 327-337).

Batu, P., 2021. Data UMKM Kota Batu - PPID Kota Batu. [online] Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Batu. Available at: <https://ppid.batukota.go.id/daftar_informasi/detail/data-umkm-kota-batu_tahun-2019_dinas-koperasi-usaha-mikro-dan-perdagangan> [Accessed 24 October 2021].

Katadata.co.id. 2021. Digitalisasi, Strategi UMKM Selamat dari Krisis. [online] Available at: <https://katadata.co.id/katadatainsightscenter/analisisdata/5f03cf11e0198/digitalisasi-strategi-umkm-selamat-dari-krisis> [Accessed 24 October 2021].

Downloads

Published

2021-11-17

How to Cite

Lia, D. A. Z., & Fitri, R. (2021). Pengembangan Keterampilan Pembuatan Desain Kemasan Serta Pemanfaatan Pemasaran Digital Sebagai Strategi Bertahan UMKM yang Terdaftar Pada PLUT K-UMKM Kota Batu. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3), 35–41. https://doi.org/10.35799/vivabio.v3i3.36792