Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Mendeley untuk Persiapan Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i1.40876Abstract
Salah satu indikator sebuah karya ilmiah dikatakan baik adalah terhindar dari unsur plagiasi. Plagiasi kerap terjadi di kalangan mahasiswa, khususnya ketika mahasiswa menyusun tugas akhir/skripsi. Banyak mahasiswa menuliskan sitasi dalam skripsinya, tetapi tidak mencantumkan referensi di dalam daftar rujukan, dan begitu sebaliknya. Hal ini terjadi karena memang banyak mahasiswa yang belum mengenal reference tool seperti Mendeley, Zotero, End-Note, dll. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan: 1) memberikan pemahaman kepada mahasiswa pentingnya penggunaan reference tool dalam penyusunan tugas akhir/skripsi untuk menghindari plagiasi, dan 2) memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam mendapatkan referensi rujukan penelitian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui sosialisasi dan pelatihan secara daring dengan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan dilanjutkan dengan penugasan kepada mahasiswa untuk melakukan instalasi, pembuatan akun, hingga membuat sitasi dan referensi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu melakukan instalasi dan mampu menggunakan Mendeley dalam membuat sitasi dan daftar rujukan.
Kata Kunci: Â Reference tool, Mendeley, Plagiasi, Sosialisasi, Pelatihan, Skripsi.
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Anwar, K., & Kuncoro, A. T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring. 381–391.
Arransyah, M. F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & R, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. 3(1), 88–97.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Imam, M., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2015). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Indonesia ( STIE-PI ) Makassar dalam penulisan karya ilmiah. 414–417.
Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. 64–74.
Musoffa, S. (2021). Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 18(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1654
Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. 2(1), 75–93.
Rahmani, D. A. (2020). Pengelolaan Referensi dan Sitasi dengan Software Mendeley.
Supianti, I. I. (2018). Mendeley Sebagai Alat Bantu dalam Penyusunan Referensi Artikel. Prosiding Seminar & Workshop “Penulisan Dan Publikasi Artikel Ilmiah,†I(April).
Triyanto, T., Yana, R. H., & Nurkhalis, N. (2020). Pelatihan Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darman Bakti Teuku Umar, 2(1), 7–21.
Windarto, A. P., Hartama, D., & Wanto, A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.