Pengembangan Pola Pikir Matematika Anak Menggunakan Media Fun Thinkers Math

Authors

  • Annisah Kurniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Indonesia
  • Erdawati Nurdin Pendidikan matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Indonesia
  • Depriwana Rahmi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i2.41273

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting diajarkan kepada anak-anak. Rasa cinta terhadap matematika sebaiknya ditanamkan sejak anak-anak, sehingga anak-anak tidak beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Berdasarkan masalah tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap matematika dan membuat aktifitas belajar matematika menjadi mudah dan menyenangkan melalui penggunaan media fun thinkers math. Pengabdian mayarakat ini dilaksanakan di Taman Bacaan Anak (TBA) Hijaiyyah Kampar. Pada pelaksanaan kegiatan ini anak-anak dikelompokan menjadi 3 kelompok. Setiap anak dalam kelompok bergantian latihan menggunakan media fun thinkers math dan bekerja sama dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Untuk melihat keberhasilan kegiatan maka dilakukan kegiatan evaluasi dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan teknik persentase. Berdasarkann hasil analisis diperoleh 95% anak berpartisipasi aktif dalam belajar. Penggunaan media fun thinkers math membuat aktifitas anak dalam belajar matematika menjadi menyenangkan dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Author Biography

Annisah Kurniati, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Indonesia

Pendidikan Matematika

References

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111.

Asri, H., Novianti, R., & Risma, D. (2017). Pengaruh Media Fun Thinker terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini usia 4-5 Tahun di TK Pembina 3 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–15.

Azizah, Z. (2019). Efektivitas Math Thinkers pada Materi Geometri Bangun Datar Segiempat dan Segitiga. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i1.1547

Dahar, R. W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.

Dewi, N. W. D. P. (2018). Permainan Matematika Sederhana Sebagai Alternatif Pembelajaran Yang Menyenangkan (Sebuah Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan, 16(1), Article 1. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/suluh-pendidikan/article/view/7

Dosinaeng, W. B. N., Djong, K. D., Leton, S. I., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Pendalaman Konsep Geometri dan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD Kota Soe. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 619–627. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4084

Fadiana, M., & Rosalina, C. D. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940

Guslinda, & Rita. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Media Publishing.

Kurnia, H. (2016). Jurus Jitu Guru Jawara. Kabarita.

Lisa, L. (2017). Prinsip dan Konsep Permainan Matematika Bagi Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 93–107.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada.

Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book†Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330

Setiyawan, H. (2018). Metode Permainan Bingo Matematik pada Materi Operasi Hitung Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 101–110. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.662

Suntoro. (2021). Pelatihan Pembuatan Blog Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Punna Karya Kabupaten Tangerang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4569

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-26

How to Cite

Kurniati, A., Nurdin, E., & Rahmi, D. (2022). Pengembangan Pola Pikir Matematika Anak Menggunakan Media Fun Thinkers Math. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 77–83. https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i2.41273