Pendidikan Konservasi Berbasis Teknologi kepada Masyarakat di Pulau Nain, kawasan konservasi Taman Nasional Bunaken

Authors

  • Ermas Isnaeni Lukman Bunaken National Park Sulawesi Utara Indonesia
  • Adi Tri Utomo Bunaken National Park Sulawesi Utara Indonesia
  • Ifan Renova Sinaga Bunaken National Park Sulawesi Utara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i2.41472

Abstract

Pulau Nain termasuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional (TN) Bunaken. Masyarakat Pulau Nain memiliki akses terbatas pada pendidikan, kesehatan dan listrik. Listrik di Pulau Nain hanya menyala dari jam 6 sore sampai jam 1 pagi. Dalam waktu yang sesingkat itu, perlu dilakukan optimalisasi penggunaan listrik untuk hal-hal yang bermanfaat. Petugas TN Bunaken melakukan kegiatan Bina Cinta Alam (BCA) berupa pendidikan konservasi berbasis teknologi, pendampingan kelompok masyarakat, dan penbinaan Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP). Hal ini dilakukan untuk membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap kawasan konservasi. Masyarakat Pulau Nain sangat terbantu dengan adanya petugas di tingkat tapak dan merasakan manfaat dari keberadaan Taman Nasional Bunaken.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Utara (BPS Kab Minut). 2021. Kecamatan Wori dalam Angka.

Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTN BNW). 2020. Pendidikan Konservasi merupakan Program Unggulan Mengajar Resort Pinogaluman. KSDAE [Internet]. [diunduh 2020 Jun 21]. Available from:

http://ksdae.menlhk.go.id/berita/7088/pendidikan-konservasi-merupakan-program-unggulan-mengajar-resortpinogaluman.htm

Balai Taman Nasional Bunaken [BTNB]. 2019. Rencana Pengelolaan Taman Nasional Bunaken tahun 2019–2028. KLHK: Manado.

Huda K, Feriandi YA. 2018. Pendidikan Konservasi Perspektif Warisan Budaya untuk Membangun History for Life. Jurnal Sosial Politik Humaniora UMPO 07 Vol. 6:02. 2018

Masrukhi. (2012). Membangun Karakter Berbasis Nilai Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, Vol. 1 No. 1 Juni 2012: 20–29.

Ohoiwutun, B. 2020. Posisi dan Peran Manusia dalam Alam Menurut Deep Ecology Arne Naess. (Tanggapan atas Kritik Al Gore). Penerbit PT Kanisius, Yogyakarta. ISBN 978-979-21-6352-0

Tamengge, ER., Lamadirisi,M., Santie, YDA. 2021. Ekonomi dan Pendidikan Anak Keluarga Petani Rumput Laut di Desa Nain Satu Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Vol. 2, No. 1, Halaman 52-56, tahun 2021. ISSN: Online 2774-6984 Jurnal Paradigma: Universitas Negeri Manado.

Wahyudi HS, Sukmasari MP. 2014. Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi. April 2014, 3(1): 13 – 24.

Wakhidah, K. 2014. Pengaruh Penanaman Nilai-nilai Konservasi Terhadap Karakter Peduli Pada Lingkungan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Journal Unnes. ISSN 2252-638.

Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Lukman, E. I., Utomo, A. T., & Sinaga, I. R. (2022). Pendidikan Konservasi Berbasis Teknologi kepada Masyarakat di Pulau Nain, kawasan konservasi Taman Nasional Bunaken. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 70–76. https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i2.41472