Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Komunitas Dif_able melalui Pelatihan Kerajinan Sulam Maduaro Khas Lampung

Authors

  • Muhammad Saputra IIB Darmajaya
  • Kurnia Fadila IIB Darmajaya
  • Joko Triloka IIB Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i2.43184

Abstract

Membangun jiwa entrepreneurship pada komunitas dif_able melalui pelatihan kerajinan sulam maduaro khas Lampung. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menjadikan komunitas ini menjadi komunitas yang mandiri secara ekonomi dengan memanfaatkan kain sulam maduaro sebagai salah satu produk kerajinan unggulan yang dapat dijual kepada konsumen atau wisatawan berbasis kearifan local. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pendekatan institusional, metode diskusi, pendekatan partisipatif, dan praktik. Kegiatan Pengabdian yang dilakukan menggunakan konsep POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) pada setiap elemen kegiatan sehingga kegiatan yang dilakukan berjalan dengan efektif dan efisien. Kegiatan pengabdian yang dilakukan berfokus kepada 3 (tiga) kegiatan diantaranya pelatihan kewirausahaan, pelatihan mengenai praktik langsung mengenai keterampilan sulam Maduaro, pelatihan pemasaran produk secara online. Setiap kegiatan yang dilakukan diukur dengan menggunakan pretest dan posttest sebagai acuan pemahaman setiap peserta kegiatan terhadap pelatihan yang diberikan.

Pada hasil pretest untuk pelatihan kewirausahaan didapatkan nilai 41% dan hasil postest didapatkan nilai 93% hal tersebut menunjukan pengetahuan peserta kegiatan pada materi kewirausahaan. Pada hasil pretest untuk pelatihan sulam maduaro didapatkan nilai 43% dan hasil postest didapatkan nilai 91 %  hal tersebut menunjukan pengetahuan peserta kegiatan pada materi sulam maduaro meningkat. Pada hasil pretest untuk pelatihan pemasaran produk secara online didapatkan nilai pretest sebesar 45% dan hasil postest didapatkan nilai 92% hal tersebut menunjukan pengetahuan peserta kegiatan pada materi pemasaran produk secara online meningkat. Hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam pelatihan kewirausahaan menghasilkan luaran berupa peningkatan kemampuan komunitas Dif_able terkait dengan kewirausahaan serta rancangan bisnis model canvas. Hasil kegiatan pengabdian dalam pelatihan sulam maduaro, berupa hasil inovasi diantaranya handbag maduaro, hiasan dinding maduaro, gantungan kunci maduaro, peci maduaro. Hasil kegiatan pengabdian dalam pelatihan sulam maduaro, berupa hasil inovasi diantaranya handbag maduaro, hiasan dinding maduaro, gantungan kunci maduaro, peci maduaro.  Hasil kegiatan pengabdian dalam pelatihan pemasaran produk secara online, berupa website penjualan online yang terkoneksi dengan beberapa e-commerce dengan nama website sulammaduaroonline.com.

 

References

Jurnal

Aneka, P. et al. (2021) ‘Dharma Jnana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat’, 1(2), pp. 96–104.

Faiz, I. (2021) ‘Implementasi Undang-undang No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas’, Sakina: Journal of Family Studies, 5(2). Available at: http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/735%0Ahttp://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/download/735/571.

Mulyati, T., Rohmatiah, A. and Amadi, D. N. (2019) ‘Pelatihan Dan Pendampingan Penyandang Disabilitas Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan’, Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), p. 187. doi: 10.25273/jta.v4i2.4844.

Sari, N., & Saputra, M. (2019). Pengaruh Intensity, Valence of Opinion, Content Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Di Provinsi Lampung. Jurnal Ekuivalensi, 5(1), 26-38.

Putra, E. S. (2021) ‘Potensi Pengembangan Souvenir Di Sulawesi Tengah ( Potential Souvenir Development in Central Sulawesi )’, Jurnal Pariwisata PaRAMA, 2(1), pp. 16–23.

Website

Undang-Undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2016/uu8-2016pjl.pdf. Diakses pada tanggal 2 Februari 2022

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2019 Tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, Dan Evaluasi Terhadap Penghormatan, Pelindungan, Dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2019/pp70-2019bt.pdf. Diakses pada tanggal 1 Februari 2022

Data Penyandang Disabilitas Indonesia dan Provinsi Lampung. https://simpd.kemensos.go.id/. Diakses pada tanggal 2 Febuari 2022

Data Jumlah Perjalanan Wisatawan Nusantara https://www.bps.go.id/indicator/16/1189/1/jumlah-perjalanan-wisatawan-nusantara.html. Diakses pada tanggal 2 Februari 2022

Downloads

Published

2022-08-09

How to Cite

Saputra, M., Fadila, K., & Triloka, J. (2022). Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Komunitas Dif_able melalui Pelatihan Kerajinan Sulam Maduaro Khas Lampung. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 55–62. https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i2.43184