Efektivitas Project Based Learning Secara Online Pada Pelatihan Pengembangan Website

Authors

  • Djoko Cahyo Utomo Politeknik Negeri Bandung
  • Muhammad Riza Alifi Politeknik Negeri Bandung
  • Bambang Politeknik Negeri Bandung
  • Suprihanto Politeknik Negeri Bandung
  • Didik Suwito Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v5i1.43922

Abstract

COVID-19 pandemic has transformed numerous activities, including training, which now held frequently with online learning. Web development training is one of training activities carried out in accordance with SKKNI standard, which’s greatly required in digital era. This web development training is delivered by the organizers and partners from universities. One of them is the Bandung State Polytechnic's Department of Computer Engineering and Informatics (JTK POLBAN). The training consists of five different activities: preparation, pre-test, implementation, post-test, and evaluation. This training was delivered utilizing various learning methods and the effectiveness of training was evaluated using pre-test and post-test results. Based on the results of the questionnaire, it know that Project Based Learning (PjBL) had the greatest impact on students’ ability to master subject. The effectiveness of learning for web development training using PjBL with online learning is deemed less effective,because the value only increases by 4.81% from pre-test to post-test. The number of participants was decreased by 65.91% after it was implemented. This was influenced by various factors, including technology, psychology, finance, time management, and balancing daily activities with education. Improving learning effectiveness can be accomplished by condensing implementation’s schedule to accommodate the endurance of participants from generation Z / iGen.

Project Based Learning; Web Development Traning; SKKNI; Online Learning; Learning Effectiveness.

ABSTRAK
Pandemi COVID-19 mengubah berbagai macam pelaksanaan kegiatan, termasuk kegiatan pelatihan yang saat ini sering diselengarakan dengan pembelajaran online. Pelatihan pengembangan web merupakan salah satu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dengan standar SKKNI yang diperlukan pada era digital. Pelatihan pengembangan web ini dilakukan oleh penyelenggara dan bekerja sama dengan mitra perguruan tinggi, dimana salah satunya adalah Jurusan Teknik Komputer & Informatika Politeknik Negeri Bandung (JTK POLBAN). Pelatihan dibagi menjadi 5 macam kegiatan yaitu, persiapan, pre-test, pelaksanaan, post-test dan evaluasi. Pelatihan ini dilakukan dengan berbagai metode pembelajaran yang kemudian diukur Efektivitasnya menggunakan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil pengukuran melalui kuesioner diketahui bahwa yang paling mempengaruhi penguasaan materi adalah Project Based Learning (PjBL). Efektivitas pembelajaran untuk pelatihan pengembangan web menggunakan PjBL secara online dinilai kurang efektif, hal ini dikarenakan hanya terdapat peningkatan nilai sebesar 4,81% dari pre-test terhadap post-test. Pelaksanaan pelatihan secara online ini juga mengalami penurunan jumlah peserta sebesar 65,91%, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor penghambat yang dihadapi peserta seperti teknologi, psikologis, keuangan, manajemen waktu, dan keseimbangan antara kegiatan sehari-hari dengan pendidikan. Peningkatan efektivitas pembelajaran dapat dilakukan dengan cara memadatkan jadwal pelaksanaan yang menyesuaikan dengan daya tahan dari peserta yang berasal dari generasi Z / iGen.
Kata Kunci: Project Based Learning; Pelatihan Pengembangan Web; SKKNI; Pembelajaran Online; Efektivitas Pembelajaran.

References

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (2022) Profil Internet Indonesia 2022, apjii.or.id. Available at: apji.or.id.

BPSDM Kominfo and BNSP (2017) Skema Sertifikasi Okupasi Pengembang Web Pratama / Junior Web Developer.

Hamid, R., Sentryo, I. and Hasan, S. (2020) ‘Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period’, Jurnal Prima Edukasia, 8(1), pp. 86–95. Available at: https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165.

Lieharyani, D.C.U. et al. (2020) ‘Audit conformity for higher education using good university governance (Gug) principle’, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 0(March), pp. 2081–2089.

Manurung, R., Sadjiarto, A. and Sitorus, D.S. (2021) ‘Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online dan Dampaknya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), pp. 729–739. Available at: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3853.

Maqableh, M. and Alia, M. (2021) ‘Evaluation online learning of undergraduate students under lockdown amidst COVID-19 Pandemic: The online learning experience and students’ satisfaction’, Children and Youth Services Review, 128(August 2020). Available at: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106160.

Munawar, G. et al. (2020) ‘Pengembangan Unit Pelatihan Teknologi Informasi Di Politeknik Negeri Bandung’, Jurnal DIFUSI, 3(2), p. 18. Available at: https://doi.org/10.35313/difusi.v3i2.1901.

Noviansyah, W. and Mujiono, C. (2021) ‘Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Universitas Sebelas Maret, Indonesia, 4(1), pp. 82–88. Available at: https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/522.

Pramudya, A.S. and Puspitarini, I.Y.D. (2021) ‘Dampak Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Terhadap Keaktifan Belajar Di Masa Pandemi’, in Prosiding Konseling Kearifan Nusantara, pp. 124–136. Available at: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/1364%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/download/1364/1061.

Remy Sanjaya, Puji Sularsih and Yeni Setiani (2022) ‘Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Produk Makanan Sweetbites By Caca Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups’, Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), pp. 20–28. Available at: https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.101.

Semiawan, T. et al. (2021) ‘Analysis of the Effectiveness and Efficiency of Software Development Tools’, Proceedings of the 2nd International Seminar of Science and Applied Technology (ISSAT 2021), 207(Issat), pp. 32–39. Available at: https://doi.org/10.2991/aer.k.211106.006.

Sianipar, A.Z. (2019) ‘Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan’, 3(1), pp. 16–22. Available at: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72/67.

Sulistyorini, L. and Anistyasari, Y. (2020) ‘Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK’, IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), pp. 171–181.

Ulfa, M. and Saifuddin (2018) ‘Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran’, Suhuf, 30(1), pp. 35–56.

Wulantika, L. et al. (2021) ‘Website Analysis as a Media for Healthy Living Digital Campaign’, International Journal of Research and Applied Technology, 1(1), pp. 43–48. Available at: https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i1.5459.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Djoko Cahyo Utomo, Alifi, M. R., Bambang, Suprihanto, & Didik Suwito. (2022). Efektivitas Project Based Learning Secara Online Pada Pelatihan Pengembangan Website. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 5(1), 35–42. https://doi.org/10.35799/vivabio.v5i1.43922