Pembelajaran Pemanfaatan Website Marketing pada UMKM Cak Mimin Surabaya

Training on using website marketing at MSMEs Cak Mimin Surabaya

Authors

  • Ayuningtyas Universitas Dinamika https://orcid.org/0000-0001-7124-318X
  • Sultan Hakim Herrysan Universitas Dinamika
  • Kevin Kosumo Universitas Dinamika
  • Khusnul Chotimah Universitas Dinamika
  • Tika Melia Anggraeni Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v5i1.50972

Abstract

MSMEs in Indonesia have proven to play an essential role in Indonesia's economy. Cak Mimin is one of the MSMEs which produces various rujak sauces. As experienced by other MSMEs, Cak Mimin has a problem with brand awareness. Unfortunately, customers are more familiar with resellers than Cak Mimin as the primary producer. Although it has been supported by social media, regrettably, it is less helpful due to the limited functions that can be supported. The main website of UKM Cak Mimin was developed to overcome this problem. This official website will become the central information for all Cak Mimin MSME products. Training for IT admins, who will continue updating data and information, is held after the website is finished. In addition to the IT admin, website socialization is put through to customers. The socialization makes customers aware that accurate information about MSMEs is available from the official website. The results of socializing and training the website were helpful and opened up new insights for them. The evaluation shows that an index value of 89% that is acceptable. It means that the features on the website fit MSMEs' needs.

 Keywords:  MSMEs; Sambal Rujak; Application; Website.

ABSTRAK

UMKM di Indonesia telah terbukti berperan sebagai penopang perekonomian. UMKM Cak Mimin yang memproduksi aneka sambal rujak sebagai salah satunya. Sama seperti yang dialami oleh UMKM yang lain, Cak Mimi memiliki masalah dengan brand awareness. Merk Cak Mimin sbenarnya telah dikenal baik oleh konsumen, namun pelanggan lebih kenal dengan reseller daripada produsen utamanya. Meskipun sudah didukung dengan penggunaan media social, namun hal tersebut dirasa kurang membantu karena keterbatasan fungsi yang bisa didukung. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah website utama dari UMKM Cak Mimin. Website resmi ini nantinya akan menjadi pusat informasi utama bagi semua produk-produk UMKM Cak Mimin. Setelah website dibangun, pelatihan kepada admin IT yang nantinya melanjutkan proses update data dan informasi diberikan. Selain pada admn IT, sosialisasi website juga dilakukan pada pelanggan. Sosialisasi dilakukan agar pelanggan paham jika telah tersedia informasi akurat tentang UMKM dari website resmi. Hasil dari sosialisasi website ini kepada pelanggan dan reseller menyatakan bahwa pelatihan ini berguna dan membuka wawasan baru bagi mereka. Hasil evaluasi pelatihan untuk admin IT menunjukkan nilai index sebesar 89% atau Cukup Baik, yang berarti bahwa fungsi-fungsi dalam website yang telah dibangun sesuai dengan kebutuhan.

References

Afrianto, I. et al. (2021) “User Acceptance Test For Digital Signature Application In Academic Domain To Support The Covid-19 Work From Home Program,” International Journal of Information System & Technology, 5(3), hal. 270–280. doi: 10.30645/ijistech.v5i3.

Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (2017) GO DIGITAL! Gerakan Nasional UMKM Go Online, Siaran Pers No. 216/HM/KOMINFO/11/2017. Tersedia pada: https://www.kominfo.go.id/content/detail/11346/siaran-pers-no-216hmkominfo112017-tentang-go-digital-gerakan-nasional-umkm-go-online/0/siaran_pers (Diakses: 27 Juni 2023).

IndonesiaImaji (2019) Internet dan medsos memberi efek positif pada umkm, Esai/Ekonomi. Tersedia pada: https://indonesiaimaji.com/internet-dan-medsos-memberi-efek-positif-pada-umkm/ (Diakses: 20 Februari 2020).

Mohamadi, R. F. (2020) Pengertian, Jenis dan Perkembangan UMKM di Indonesia, Jurnal entrepreneur. Tersedia pada: https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-arti-yang-dimaksud-pengertian-umkm-artinya-adalah/ (Diakses: 10 Januari 2023).

Nurfadilah, P. S. (2018) UMKM Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Kompas.com. Tersedia pada: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/10/200246326/umkm-mampu-dongkrak-pertumbuhan-ekonomi. (Diakses: 13 Maret 2019).

Pemerintah Republik Indonesia (2008) Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Putra, D. A. (2018) UMKM Sumbang 60 Persen ke Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Merdeka.com. Tersedia pada: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3581067/umkm-sumbang-60-persen-ke-pertumbuhan-ekonomi-nasional (Diakses: 15 Maret 2018).

Sarwono, H. A. (2015) “Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM),” Bank Indonesia dan LPPI, hal. 5–57.

Vermaat, M. E. et al. (2018) “Discovering Computers 2018,” hal. 626. Tersedia pada: https://www.pdfdrive.com/discovering-computers-2018-d189546610.html.

Yati, R. (2023) Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang, https://teknologi.bisnis.com/. Tersedia pada: https://teknologi.bisnis.com/read/20230308/101/1635219/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang (Diakses: 5 September 2023).

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Ayuningtyas, Herrysan, S. H., Kosumo, K., Chotimah, K., & Anggraeni, T. M. (2023). Pembelajaran Pemanfaatan Website Marketing pada UMKM Cak Mimin Surabaya: Training on using website marketing at MSMEs Cak Mimin Surabaya. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 5(1), 52–58. https://doi.org/10.35799/vivabio.v5i1.50972