The Edukasi Perundungan dan Dampaknya pada Konselor Remaja Panti Asuhan Al Fallah
Bullying Education and its Impact on Youth Counselors at Al Fallah Orphanage
DOI:
https://doi.org/10.35799/vivabio.v6i2.54411Abstract
Bullying, also known as bullying, is a physical, verbal, or psychological action against a weak group carried out by a superior person or group. Bullying can occur in schools, Islamic boarding schools, or orphanages. Bullying sometimes goes unnoticed, so awareness of all parties needs to be increased so that the impact of bullying on victims can be prevented. This service targets teenagers who live in the Al Falah orphanage and students at the Al Falah Islamic Boarding School. The service activities began with providing material regarding bullying and how to prevent it, then continued with discussions and sharing experiences regarding bullying. Next is a quiz to assess participants' understanding of bullying and its prevention. The quiz participants' knowledge of the material showed that 93% could answer seven questions correctly. It is estimated that schools, Islamic boarding schools, or institutions have anti-bullying and bullying prevention programs at school so that problems resulting from bullying will not be serious. Focusing on promotion and prevention will have a good impact on all parties.
ABSTRAK
Perundungan atau dikenal juga dengan bullying merupakan tindakan baik fisik, verbal maupun psikis kepada kelompok yang lemah yang dilakukan oleh sesorang atau kelompok yang lebih unggul. Perundungan dapat terjadi di sekolah, pesantren ataupun panti asuhan. Perundungan kadang tidak disaadari terjadinya, sehingga perlu ditingkatkan kesadaran semua pihak agar dampak bullying pada korban dapat dicegah. Pengabdian ini sasarannya pada remaja yang tinggal di panti asuhan Al Falah sekalaligus sebagai santri di Pesantren Al Falah. Kegiatan pengabdian dimulai dengan pemberian materi mengenai perundungan dan cara pencegahannya, kemudian dilanjutkan dengan diskusi serta berbagi pengalaman mengenai perundungan. Selanjutnya kuis untuk menilai pemahaman peserta menegnai perundungan dan pencegahannya. Hasil dari kuis pemahaman peserta terhadap materi 93% dapat menjawab benar 7 pertanyaan. Diharapkan sekolah, pesantren atau panti punya program anti perundungan dan pencegahan perundungan di sekolah, sehingga permasalahan akibat perundungan tidak akan berat. Fokus pada promotif dan pencegahan akan berdampak baik untuk semua pihak.
References
Akbar, R. R., Triyana, R. & Adelin, P. (2021). PELATIHAN PEER COUNSELOR DAN PENGENALAN MEDIA PROMOTIF Asosiasi Dosen PkM Indonesia ( ADPI ) Submit : 16 Agt 2021 | Accept : 24 Sep 2021 | Publish : 25 Sep 2021 PENDAHULUAN Stres muncul akibat tidak sesuainya harapan dengan kenyataan , kemampuan diri deng. 2(3), 103–108.
Aryuni, M. (2017). Strategi Pencegahan Bullying Melalui Program "Sekolah Care” bagi Fasilitator Sebaya. Asian Journal of Environment, History and Heritage, 1(1), 211–222. http://spaj.ukm.my/ajehh/index.php/ajehh/issue/view/1
Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., Ayda, B. & Buton, U. M. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9105–9117.
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L. & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117
Hidayat, M., Aulia, Syah, F. & Risfan Rizaldi, A. (2022). Edukasi Pencegahan Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Takalar. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v2i2.293
Nabilah. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04 Desember), 496–504. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/400
Nuraini, N. & Gunawan, I. M. S. (2021). Penyuluhan Stop Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan yang Terjadi Pada Siswa di Sekolah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.573
Rahmatullah, A. S. & Azhar, M. (2020). Pendidikan Dini Sadar Virus Bullying Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Abdidas, 1(4), 261–276. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i4.56
Sayfullah, M. S. & Efendi, A. (2023). Room of Civil Society Development. 1(4), 103–108. https://rcsdevelopment.org/index.php/rcsd/index
Usman, I. (2013). Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(1), 49. https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.328
Yuli, Y. F. & Ahmad Efendi. (2022). Psikoedukasi Upaya Mencegah dan Melawan Perundungan (Bullying & Cyberbullying) di SMP Unggulan Habibulloh. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 15–23. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.182
Yunita, T., Rafifah, T. & Anggraeni, D. (2022). Say No to Bullying Behavior : Implementasi Nilai Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.174
Pandiangan, D., & Nainggolan, N. (2021). PKM Pemberdayaan Perempuan di UMKM Biovina Herbal untuk Perbaikan Pengeringan Bahan Baku Herbal Standar BPOM. JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 3(1), 22. https://doi.org/10.35801/jpai.3.1.2021.36
Pandiangan, D., Nainggolan, N., & Maliangkay, H. P. (2021). Program Kemitraan masyarakat untuk Perbaikan Proses Pengeringan Bahan Baku Obat Tradisional Pencegahan Covid-19 dan Perbaikan Produk UMKM Biovina. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3), 25–31. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/vivabio/article/view/36793/34206
Bawole HWA, Bawole GY , Sanggelorang Y, Pandiangan D. 2023. Karakterisktik Kekerasan dalam Rumah Tangga terhadap Perempuan Ditinjau dari UU No. 23 Tahun 2004. JPAI (Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia) Volume 4 Nomor 2, p. 83-88 ISSN 2686-2891 DOI: https://doi.org/10.35801/jpai.4.2.2023.44895
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Resti Rahmadika Akbar, Mutiara Anissa, Insil Pendri Hariyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.