The Pengembangan Wirausaha Nasi Bakar Kekinian Untuk Menarik Generasi Muda

Development of Contemporary Baked Rice Entrepreneurship to Attract the Young Generation

Authors

  • Isra Isra Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo, Sulawesi Selatan Indonesia
  • Tinanti Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo, Sulawesi Selatan Indonesia
  • Putri Regina Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo, Sulawesi Selatan Indonesia
  • Wanda Pratiwi Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo, Sulawesi Selatan Indonesia
  • Sarina Sarina Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo Masamba, Indonesia
  • Suci Nurul Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo Masamba, Indonesia
  • Sapar Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo Masamba, Indonesia
  • Widyawanti Rajima Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo Masamba, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v6i2.55360

Abstract

The increasingly advanced and modern development of the business world in Indonesia has resulted in competition in the business world becoming increasingly fierce. The type of business that has recently become popular is the food and beverage business, usually called a culinary business. The culinary business was founded with consideration of affordable capital and maximum profits. Some people see the emergence of opportunities such as the large number of consumers and food as a basic need and the abundant demand for food. The student entrepreneurship creativity program (PKM-K) aims to raise student motivation to become entrepreneurs in managing rice. Methods for implementing input, process (production), output, and evaluation. Product marketing is done online or offline. Online marketing via social media such as Instagram and WhatsApp. Meanwhile, offline marketing is marketed near the campus and surrounding environments.

ABSTRAK 

Perkembangan dunia usaha di Indonesia yang semakin maju dan modern mengakibatkan persaingan dalam dunia usaha menjadi semakin ketat. Jenis usaha yang akhir-akhir ini sedang populer adalah usaha makanan dan minuman atau biasa disebut dengan usaha kuliner. Bisnis kuliner didirikan dengan pertimbangan modal terjangkau dan keuntungan maksimal. sebagian masyarakat melihat munculnya peluang seperti banyaknya konsumen dan pangan sebagai kebutuhan pokok serta melimpahnya permintaan pangan. Adapun tujuan dari program kreativitas mahasiswa kewirausahaan ( PKM-K ) adalah untuk membangkitkaan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dalam mengelolah nasi. Metode pelaksanaan input,,proses ( produksi ), output, dan evaluasi. Untuk pemasaran produk dilakukan secara online atau offline. Pemasaran secara online melalui media sosial seperti, Instagram , Facebook dan whatsapp. Sedangkan pemasaran secara offline dipasarkan dekat area kampus dan dilingkungan sekitar.

Kata kunci: wirausaha, nasi bakar

References

Christiningrum, N. D., & Murniati, D. E. (n.d.). Subtitusi Tepung Talas Dan Umbi Talas Pada Produk Pangsit Dan Nasi Bakar Talas.

Hufron, M. (n.d.). No Title. 33–53.

Komputer, J. I., Jikem, M., Muda, G., Safitri, E., & Nawawi, Z. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). 2(1), 1689–1697.

Lak, L., & El, N. (2025). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. 4(2), 268–280.

Lidyana, N., Perwitasari, D. A., & Supraptiningsih, L. K. (2021). Peningkatan Jiwa Entrepreneur Karang Taruna Melalui Penyuluhan Diversifikasi Olahan Jamur Tiram. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 77–88. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v3i2.4012

Pandiangan, D, Nainggolan, N., & ... (2022). PKM Ibu-Ibu PKK Desa Palaes Minahasa Utara Untuk Pemanfaatan Daun atau Bunga Mangrove sebagai Minuman Fungsional. JPAI: Jurnal …, 4(September 2022). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jpai/article/view/43568%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jpai/article/download/43568/40078

Pandiangan, Dingse, & Nainggolan, N. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Di Dharma Wanita Fmipa Unsrat Untuk Kesehatan Jantung. JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia. https://doi.org/10.35801/jpai.1.1.2019.24978

Pandiangan, Dingse, & Nainggolan, N. (2020). PKM PELWAP Desa Sea Mitra Untuk Pemanfaatan Tumbuhan Obat Dan Tanaman Hias. JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2(2), 16. https://doi.org/10.35801/jpai.2.2.2020.30605

Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965

Salakan, D. I. D. (n.d.). Pelatihan kewirausahaan membuat produk olahan kekinian melalui pemberdayaan remaja putri di dusun salakan.

Sukimin, S., Fidriani, E., Miswaty, M., & Juwari, J. (2022). Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Pembelian Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square. Media Riset Ekonomi [Mr.Eko], 1(2), 62–70. https://doi.org/10.36277/mreko.v1i2.227

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101–110. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i1.120

Yusri, A. Z. dan D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Isra, I., Tinanti , T., Regina, P., Pratiwi, W., Sarina, S., Nurul Utami, S., Sapar, S., & Rajima, W. (2024). The Pengembangan Wirausaha Nasi Bakar Kekinian Untuk Menarik Generasi Muda: Development of Contemporary Baked Rice Entrepreneurship to Attract the Young Generation. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.35799/vivabio.v6i2.55360