Optimalisasi Sumber Daya Manusia di Desa Mangkit dengan Bentuk Implementasi Media Pojok Literasi

Optimization of Human Resources in Mangkit Village by Implementation of Literacy Corner Media

Authors

  • Cristhina Embong Bulan Universitas Sam Ratulangi
  • Geraldy Pesak
  • Paulus Kalangi
  • Chantika Nitami
  • Enjel Ngala
  • Rohelio Wawo
  • Alya Johanis
  • Syifa Salsabila
  • Vinda Nina
  • Chrisviana Donsu
  • Esterlita Reosunaung
  • Deiby Salaki

DOI:

https://doi.org/10.35799/vivabio.v6i2.57437

Abstract

The Student Organization Capacity Building Program (PPK-ORMAWA) conducted by the Himmatika team from Sam Ratulangi University aimed to enhance students' capacity for community service in Mangkit Village, Minahasa Tenggara, North Sulawesi. The program aimed to identify and address critical issues such as statistical literacy, student interests and talents, health, investment, and technology by establishing five literacy corners: Statistics Porch, Creative Zone, Medical Corner, Innovative Investment, and Technology Corner. The program involved planning, implementation, and monitoring, involving coordination with village officials, community leaders, and relevant partners. Related outreach and training were also conducted to improve community literacy and skills. Program monitoring and evaluation were carried out regularly to ensure the program's effectiveness and success, as well as to make improvements based on feedback. The results of this program were the establishment of five literacy corners that can support the improvement of literacy in Mangkit Village, with the literacy corners serving as learning centers that encourage active participation from various age groups. Through these programs, the team successfully achieved its goals of strengthening the capacity of the Mangkit Village community, making a positive impact on the literacy, health, and economy of the local community, and contributing to the development of a smarter and more competitive village.

ABSTRAK

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK-Ormawa) oleh tim Himmatika Universitas Sam Ratulangi bertujuan memperkuat kapasitas mahasiswa dalam pengabdian masyarakat di Desa Mangkit, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Tujuan program ini adalah mengidentifikasi dan mengatasi isu-isu penting seperti literasi statistik, minat dan bakat siswa, kesehatan, investasi, dan teknologi melalui pendirian lima pojok literasi: Serambi Statistika, Zona Kreatif, Sudut Medika, Investasi Inovatif, dan Teknologika. Program ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring, dengan pendekatan yang melibatkan koordinasi dengan pejabat desa, tokoh masyarakat, serta mitra terkait. Penyuluhan dan pelatihan terkait juga dilakukan untuk meningkatkan literasi dan keterampilan masyarakat. Monitoring dan evaluasi program dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitas dan keberhasilan program, serta melakukan perbaikan berdasarkan umpan balik. Hasil dari program ini adalah dihasilkannya lima pojok literasi yang dapat membantu menunjang peningkatan literasi di Desa Mangkit, dengan pojok literasi menjadi pusat belajar yang mendorong partisipasi aktif dari berbagai kelompok usia. Melalui program-program ini, tim berhasil mencapai tujuan dalam penguatan kapasitas masyarakat Desa Mangkit, membawa dampak positif dalam literasi, kesehatan, dan ekonomi masyarakat setempat, serta berkontribusi terhadap pembangunan desa untuk mewujudkan desa cerdas dan berdaya saing.

References

Amanita, N.Y. 2017. Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, 6(1).

Fitria, A., Stanley K., & Charles P. 2020. Analisis Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Teknik Informatika vol. 15 no.3 Juli-September 2020, hal. 223-230 p-ISSN: 2301-8364, e-ISSN: 2685-6131

Flearly, S.A., Joseph. P, dan Pappagianopoulos, J. E. 2017. Adolescent health literacy and health behaviors: A systematic. Journal of Adolescence, 62: 116–127.

Firth, J. A., Torous, J. and Firth, J. (2020) ‘Exploring the impact of internet use on memory and attention processes’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(24), pp. 1–12. doi: 10.3390/ijerph17249481.

Hegemur, R., Pandiangan, D. and Nainggolan, N. (2023) ‘Inventarisasi Jenis Tumbuhan untuk Pengobatan Tradisional Bakera Bagi Kaum Perempuan setelah Melahirkan di Desa Sea Mitra Pineleng Minahasa Sulawesi Utara ( Inventory of Traditional Medicine Plant Types of Bakera for Women after Giving Birth in Sea Mitra ’, 5(September), pp. 40–52.

Hafiyusholeh, M. 2015. Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. Jurnal WAHANA, 64(1).

Hasanah, U. 2012. Budaya Membaca Di Kalangan Anak Muda. Candi, 4, 241807

Hellaludin. 2019. Peningkatan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. PENDAIS, 1(1).

Intan, A. 2018. Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Era 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. 2018. Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Pandiangan, D. & Nainggolan, N. (2016) IbM bagi ibu-ibu PKK Desa Sea Mitra untuk meningkatkan kebugaran. Laporan Pengabdian Masyarakat IbM LPPM UNSRAT Manado. Manado.

Pandiangan, D., Nainggolan, N. and Maliangkay, H. P. (2021) ‘Program Kemitraan Masyarakat untuk Perbaikan Proses Pengeringan Bahan Baku Obat Tradisional Pencegahan Covid-19 dan Perbaikan Produk UMKM Biovina’, Vivabio, 3(3), pp. 25–34. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/vivabio/article/view/36793/34206.

Pandiangan, D. & Nainggolan, N. (2020) ‘PKM PELWAP Desa Sea Mitra Untuk Pemanfaatan Tumbuhan Obat Dan Tanaman Hias’, 2(September).

Renninger, K. A., & Hidi, S. E. 2017. The Power of Interest for Motivation and Engagement (1st Editio). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315771045.

Sari, Swatika. E & Pujiono, S. 2017. Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa Fbs Uny. LITERA. Vol.16(1). (Online). https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/download/14254/9441, diakses pada 27 Februari 2022.

Seifer, R. 2009. Statistical literacy an essential competency for both producers and consumers of data. July 2009 Vol. 25, No. 7 ISSN 1058-1073Published online in Wiley Inter Science (www.interscience.wiley.com) •DOI:10.1002/cbl.20095

Soeharto, E. 2009. Pemberdayaan Nelayan dan Dinamika Perekonomian Pesisir.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Watson, J.M. 2003. Is Statistical LiteracyRelevant for Middle School Students?.in the Bulletin of the InternationalStatistical Institute 54th Session (VolumeLX, Book 2, Invited Papers, pp. 68-71).Berlin: ISI

Zakaria, Z. (2019). Implementasi Program Pojok Literasi di SDN Karang Tengah 7 Kota Tangerang. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1-10.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Embong Bulan, C., Pesak, G., Kalangi, P., Nitami, C., Ngala, E., Wawo, R., Johanis, A., Salsabila, S., Nina, V., Donsu, C., Reosunaung, E., & Salaki, D. (2024). Optimalisasi Sumber Daya Manusia di Desa Mangkit dengan Bentuk Implementasi Media Pojok Literasi: Optimization of Human Resources in Mangkit Village by Implementation of Literacy Corner Media. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 6(2), 130–136. https://doi.org/10.35799/vivabio.v6i2.57437