Program Kemitraan Masyarakat untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa SMU di Kota Manado Terhadap Masalah Perubahan Iklim dan Pemanasan Global
(Community Partnership Program to Enhance High School Students' Understanding of Climate Change and Global Warming Concerns in Manado City)
DOI:
https://doi.org/10.35799/vivabio.v6i3.58084Keywords:
Meningkatkan Kepedulian; Iklim; Pemanasan global; Siswa SMU; Kota ManadoAbstract
Climate change and global warming affect all nations on Earth. We must vigorously raise community understanding and concern about this issue because human actions cause all climate change and global warming. Young people, especially high school students, lack complete information about climate change and global warming, which inhibits their prevention efforts. We can teach high school pupils about climate change and global warming and how to mitigate and prevent it. A clear understanding and positive everyday behaviour are the first steps to changing attitudes. We must properly convey the issues these partners, especially high school students, confront through counselling and assistance. Students of SMU Fr. Don Bosco Manado and SMUN 9 Manado are working to address climate change and global warming. Campaign delivery includes lectures, leaflet distribution, and conversations. Despite repeated exposure to this issue, they find the offered material and examples engaging and unique. They found the information beneficial, surprised by its impact, starting to increase awareness to do practical things, and wanting to become environmental ambassadors.
ABSTYRAK
Efek perubahan iklim dan pemanasan global menjadi isu mendunia dan merupakan persoalan terkini seluruh bangsa yang mendiami bumi. Kesadaran dan kepedulian terhadap masalah ini perlu dikampanyekan secara masif kepada masyarakat luas, karena seluruh penyebab perubahan iklim dan pemanasan global adalah akibat kegiatan manusia. Masalah yang dihadapi kaum muda sekarang ini
terutama siswa SMU adalah belum terpadunya pengetahuan akan efek perubahan iklim dan pemanasan global secara komprehensif sehingga mereka bisa menjadi agen terhadap kesadaran akan pencegahannya. Siswa SMU dapat diberikan penjelasan dan dilatih untuk mengetahui dengan benar kegiatan apa saja yang dapat menyebabkan masalah yang dimaksud dan bagaimana untuk mereduksi bahkan mencegah masalah perubahan iklim dan pemanasan global terjadi. Hal yang paling dasar adalah perubahan sikap dengan mengetahui dengan jelas dan merubah perilaku yang baik untuk tindakan sehari-hari. Masalah yang dihadapi oleh mitra ini khususnya siswa SMU perlu diberikan penjelasan secara jelas dan runtut dalam bentuk penyuluhan dan pendampingan yang baik. Siswa SMU Fr. Don Bosco Manado dan SMUN 9 Manado telah dilibatkan dalam upaya kepedulian dan turut serta dalam menanggulangi efek perubahan iklim dan pemanasan global yang menjadi isu aktual terkini. Materi kampanye dilakukan dalam bentuk ceramah, penyebaran leaflet dan diskusi. Walaupun mereka sering mendengar tentang hal ini akan tetapi beberapa hal yang didapati bahwa materi beserta contoh yang disampaikan sangat menarik bagi mereka dan merupakan hal yang baru. Kesan mereka terhadap materi yang disampaikan adalah: sangat berguna, mengejutkan dampak yang bisa terjadi, mulai timbul kesadaran untuk melakukan hal-hal yang praktis yang dapat mereka kerjakan, dan diharapkan mereka menjadi duta lingkungan.
References
UNEP, 2022, Annual Report 2022, https://www.unep.org/resources/annualreport- 2022 . Pihkala, P., 2019, Climate Anxiety, June 2019, Publisher: MIELI Mental Health Finland.
Iswatun Hasanah, 2021 Pengaruh Kegiatan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga pada Materi Pencemaran
Lingkungan Terhadap Literasi Keberlanjutan dan Kompetensi, UPI
Gatt, S. & Vella, Y. Constructivism: An effective Theory of Learning October 2003, In book: Constructivist Teaching in Primary School: Examples in Social Studies, Science, Mathematics, Design and Technology and ICT, Chapter: Constructivism: An effective Theory
of LearningPublisher: Agenda Publishers Editors.
Kepesidi, A., Pavlou, P., Vroom, I., Zamparutti, T., 2022, The United Nations Ocean Conference, 27 June -1 July 2022, Lisbon, Portugal, 15
Church, J.A., P.U. Clark, A. Cazenave, J.M.Gregory, S. Jevrejeva, A.Levermann, M.A. Merrifield, G.A.Milne, R.S. Nerem, P.D. Nunn, A.J.Payne, W.T. Pfeffer, D. Stammer and A.S. Unnikrishnan (2013), Sea Level Change. In: Climate Change 2013: The Physical Science Basis. Contribution of Working Group I to the Fifth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change [Stocker, T.F., D. Qin, G.-K. Plattner, M. Tignor, S.K. Allen, J.
Boschung, A. Nauels, Y. Xia, V. Bex and P.M. Midgley (eds.)]. Cambridge University Press, Cambridge, United Kingdom and New York, NY, USA. doi: 10.1017/CBO9781107415324.026. Taherkhani, M., Vitousek, S., Barnard, P., 2020, Sea-level rise exponentially
increases coastal flood frequency, Scientific Reports (2020) 10(1), DOI: 10.1038/s41598-020-62188-4
IPCC PRESS RELEASE, 2022, The evidence is clear: the time for action is now. We can halve emissions by
Berliani K, 2021, Pengaruh Tingkat pengangguran, Tingkat Pendidikan dan Laju Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Kemiskinan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.