SIMULASI DAN PEMBUATAN RANGKAIAN SISTEM KONTROL PENGISIAN BATERAI UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

Authors

  • Handy Indra Regain Mosey

DOI:

https://doi.org/10.35799/jis.16.1.2016.12526

Abstract

ABSTRAK

Paper ini membahas tentang simulasi dan pembuatan rangkaian sistem kontrol pengisian baterai yang bersumber dari sebuah pembangkit listrik tenaga surya (Panel Surya). Pengisian baterai yang terlalu lama pada sebuah instalasi pembangkit listrik tenaga surya akan menyebabkan baterai cepat rusak sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat berfungsi sebagai pengontrol. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan merangkai rangkaian yang didapat dari pustaka kemudian disimulasikan dengan perangkat lunak Proteus ISIS Profesional, selanjutnya dilakukan pembuatan rangkaian elektronika dalam sebuah PCB. Tegangan yang dihasilkan oleh baterai dibaca oleh sistem kontrol kemudian sistem akan memilih apabila tegangan yang diberikan oleh panel surya akan diisi pada baterai atau dialihkan kepada sebuah beban tambahan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian menunjukan bahwa sistem kontrol pengisian baterai yang dibangun telah bekerja sesuai dengan simulasi dan dapat bekerja dengan baik.

Kata-kata kunci: sistem kontrol baterai, switch, panel surya.

SIMULATION AND CONSTRUCTION OF A BATTERY CHARGING CONTROLLER SYSTEM FOR SOLAR POWER PLANTS

ABSTRACT

This paper discusses about circuit simulation and construction of a battery charging control system from a solar power plant (Solar Panels). Charging the battery for too long on an installation of solar power plants will cause the battery to be broken and so we need a system that can function as a controller. The research method is made by simulating a baterry charging control circuit from a reference and then simulated by Proteus ISIS Professional software, then constructing the circuit on a PCB. The voltage produced by the solar panel is read by the control system then the system will prefer if the voltage supplied by the solar panels will be filled on the battery or transferred to an additional load. Result obtained in this study indicate that the baterry charging control system are working in accordance with the software simulation and can work as a baterry charging control system for a solar panel instalation.

Keywords: Baterry charging control, switch, solar panel.

Author Biography

Handy Indra Regain Mosey

Program Studi Fisika FMIPA Universitas Samratulangi Manado

Downloads

Published

2016-06-23

How to Cite

Mosey, H. I. R. (2016). SIMULASI DAN PEMBUATAN RANGKAIAN SISTEM KONTROL PENGISIAN BATERAI UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA. Jurnal Ilmiah Sains, 16(1), 30–34. https://doi.org/10.35799/jis.16.1.2016.12526

Issue

Section

Articles