PENGARUH PELATIHAN TEORI BANTUAN HIDUP DASAR TERHADAP PENGETAHUAN RESUSITASI JANTUNG PARU SISWA-SISWI SMA NEGERI 1 TOILI

Authors

  • Christie Lontoh
  • Maykel Kiling
  • Djon Wongkar

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v1i1.2173

Abstract

Abstract: Background. Basic life support (BLS) is an emergency act to release or opened  anairway, breathing and to help on maintain blood circulation without using devices. Which includes of BLS resuscitation or CPR (CPR) were is include of emergency measure, as an effort to restore a state of respiratory and cardiac arrest, to prevent to a condition which is call biological death.Purpose. To determine the influence of basic life support training to the knowledge of resuscitation on students at  SMA Negeri 1 Toili.Method. The research using study praexperimental design One-Group Pre-test post-test design to compare the knowledge of CPR before and after the training. Samples used 72 sample which isconsisting of 37 members and 35 members of PMR scout. Data analyzusing Wilcoxon Signed Rank Test.Results. Result  of statistical tests Wilcoxon Signed Rank Test on the respondents, there is significant effect where is the value of  p-value = 0.000 (α <0.05),.Conclusion. Statistically there’s significant effect of training on the theory of basic life support CPR knowledge students at  SMA Negeri 1 Toili.

Keywords: BLS Training, CPR knowledge

Abstrak: Latar Belakang. Bantuan hidup dasar (BHD) adalah tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu. Yang termasuk tindakan BHD Resusitasi jantung paru (RJP) adalah suatu tindakan darurat, sebagai suatu usaha untuk mengembalikan keadaan henti napas dan henti jantung, guna mencegah kematian biologis. Tujuan. Mengetahui pengaruh pelatihan bantuan hidup dasar terhadap pengetahuan resusitasi jantung paru  siswa-siswi SMA Negeri 1 Toili. Metode. penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pre test-post test Design untuk membandingkan pengetahuan RJP sebelum dan sesudah pelatihan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 72 orang yang terdiri dari 37 orang anggota pramuka dan 35 anggota PMR. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS dan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil. hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test pada responden yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dimana nilai p-value =0,000 (α< 0.05). Kesimpulan. Secara statistik ada pengaruh yang signifikan pelatihan teori bantuan hidup dasar terhadap pengetahuan resusitasi jantung paru siswa-siswi SMA Negeri 1 Toili.

Kata Kunci:  Pelatihan BHD, Pengetahuan RJP

Downloads

Published

2013-08-04

How to Cite

Lontoh, C., Kiling, M., & Wongkar, D. (2013). PENGARUH PELATIHAN TEORI BANTUAN HIDUP DASAR TERHADAP PENGETAHUAN RESUSITASI JANTUNG PARU SISWA-SISWI SMA NEGERI 1 TOILI. JURNAL KEPERAWATAN, 1(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v1i1.2173