INTERAKSI ANTARA MIKROBIOTA USUS DAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH MANUSIA

Authors

  • Fitri Elizabrth Br Hasibuan Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115
  • Beivy Jonathan Kolondam Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115

DOI:

https://doi.org/10.35799/jis.17.1.2017.15221

Abstract

INTERAKSI ANTARA MIKROBIOTA USUS DAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH MANUSIA

Fitri Elizabrth Br Hasibuan dan Beivy Jonathan Kolondam

ABSTRAK

Sejumlah besar mikrobiota yang menghuni sistem pencernaan manusia memiliki peran penting dengan sistem kekebalan tubuh. Mikrobiota ini melaksanakan fungsi penting untuk fisiologi inang. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobiota. Jumlah mikrobioma pada manusia paling banyak terdapat di usus, yaitu sekitar 100 triliun sel-sel mikrobiota yang terdiri dari 1.000 spesies berbeda. Mikrobiota adalah seluruh mikroba yang hidup di tubuh manusia yang terdiri dari bakteri, archae, virus, dan jamur yang pada umumnya hidup di setiap bagian tubuh manusia seperi kulit, vagina, hidung dan mulut. Bakteri pada mikrobioma manusia memiliki peran pada imunitas, nutrisi, dan perkembangan manusia. Di sini ditinjau tentang interaksi antara koloni mikroba dan sistem kekebalan tubuh dan implikasi dari temuan ini bagi kesehatan manusia.

Kata-kata kunci: mikrobiota usus, sistem kekebalan tubuh, interaksi, bakteria.

 

INTERACTION BETWEEN GUT MICROBIOTA AND THE HUMAN IMMUNE SYSTEM

ABSTRACT

Most of the gut microbiota has important role in human immune system. These microbiota conducts important function for host physiology. The microbiota in the human body can range around 10 to 100 billion in number which contained 1,000 different species. Microbiota are the whole microbes living in human body such as bacteria, archaea, virus, and fungi, located on the skin or inside the vagina, nose and mouth. Bacteria in human microbiome has important roles in nutrition, immunity, and human development. This article discussed about interaction of microbes and immune system along with the implication of the interaction for human health.

Keywords: Gut microbiota, immune system, interaction, bacteria

Downloads

Published

2017-03-05

How to Cite

Hasibuan, F. E. B., & Kolondam, B. J. (2017). INTERAKSI ANTARA MIKROBIOTA USUS DAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH MANUSIA. Jurnal Ilmiah Sains, 17(1), 35–42. https://doi.org/10.35799/jis.17.1.2017.15221

Issue

Section

Articles