KEBUTUHAN ASAM LEMAK ESENSIAL PADA IKAN LAUT

Authors

  • Henneke Pangkey Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara

DOI:

https://doi.org/10.35800/jpkt.7.2.2011.185

Abstract

ABSTRACT
Aquaculture has contributed one third of the world is supply of seafood. This contribution is expected to increase in the future. Based on this reason, aquaculture is potential to continually provide food for human needs. One of the key factors to the success of aquaculture is the supply of nutritious feed. Feeding with food of right nutrition value will produce healthy and high quality fish. One of the nutrient elements that plays an important role in aquatic organism growth is lipid. Lipids in the form of essential fatty acids are highly required not only for broodstock and larvae, but also for normal growth of marine fish.

ABSTRAK
Akuakultur telah memberikan kontribusi sebesar sepertiga kebutuhan dunia akan produk makanan laut, dan akan terus bertambah di masa depan. Dipandang dari sudut ini, akuakultur memiliki prospek untuk menjadi usaha berkelanjutan dalam menyediakan pangan bagi populasi manusia yang terus bertambah. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam usaha akuakultur adalah penyediaan pakan dengan kandungan nutrisi yang optimal. Pemberian pakan dengan komponen nutrisi yang tepat dapat menghasilkan ikan yang sehat dan berkualitas tinggi. Salah satu komponen nutrisi yang sangat berperan dalam pertumbuhan biota akuakultur adalah lipida. Lipida berupa asam lemak esensial sangat dibutuhkan baik oleh induk dan larva, juga untuk pertumbuhan secara normal ikan laut.

Author Biography

Henneke Pangkey, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara

Downloads

How to Cite

Pangkey, H. (2011). KEBUTUHAN ASAM LEMAK ESENSIAL PADA IKAN LAUT. JURNAL PERIKANAN DAN KELAUTAN TROPIS, 7(2), 93–102. https://doi.org/10.35800/jpkt.7.2.2011.185

Issue

Section

Ulasan Ilmiah