STRATEGI HUMAS PERUSAHAAN DONGGI SENORO LIQUEFIED NATURAL GAS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI KECAMATAN BATUI KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • Muthia Megawati Putri Hambali
  • D. D. V. KawKawengianengian
  • Lingkan E. Tulung

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi humas perusahaan Donggi Senoro Liquefied Natural Gas dalam membangun citra positif melalui program Corporate Social Responsibility di Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori konsekuensi perspektif, teori Corporate Social Responsibility oleh Carroll, serta konsep Strategi humas dan 4 langkah proses pembuatan program CSR.
Penelitian yang dilakukan adalah dengan melalui pendekatan kualitatif. Dalam mengambil informan menggunakan teknik purpose sampling, dan didapatkan 8 informan. Dalam teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif, Bogdan dalam (Sugiyono, 2008:88) mengatakan bahwa analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan–bahan lain, sehingga dapat mudah dipahami, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain.
Berdasarkan hasil pembahasan, dalam penyusunan program-program CSR yang dilaksanakan oleh pihak humas PT. Donggi Senoro LNG sudah sesuai dengan menggunakan tahapan-tahapan dalam proses humas, yaitu: Menyelidiki dan Mendengarkan (Fact Finding), Merencanakan (Planning) , Melaksanakan komunikasi (Communicating) dan Penilaian (Evaluation). Selanjutnya, dalam menentukan strategi pihak humas menjalankan 5 aspek pendekatan strategi humas yaitu : Strategi Operasional, Pendekatan Persuasif dan Edukatif, Pendekatan Tanggung jawab Sosial Humas, Pendekatan Kerjasama, serta Pendekatan Koordinatif dan Integratif.

Kata Kunci : Strategi humas, Corporate Social Responsibility

Downloads

How to Cite

Hambali, M. M. P., KawKawengianengian, D. D. V., & Tulung, L. E. (2017). STRATEGI HUMAS PERUSAHAAN DONGGI SENORO LIQUEFIED NATURAL GAS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI KECAMATAN BATUI KABUPATEN BANGGAI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15489

Issue

Section

Articles