PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Authors

  • Arlan - Moha
  • Anthonius M Golung
  • Jeffry William Londa

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada staf pustakawan dan mahasiswa terhadap persepsi mengenai layanan sirkulasi yaitu layanan sirkulasi belum bisa dikatakan baik dilihat dari segi ketersediaan koleksi dan kinerja pustakawan. Pada penelitian ini peniliti menggunakan 7 informan. Peneliti menggunakan teknik analisis data Reduksi data, Display data dan Kesimpulan data. Hasil penelitian yang dikumpulkan melalui wawancara tentang persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi di UPT Perpustakaan pusat universitas negeri Gorontalo yaitu dilihat dari segi ketersediaan koleksi, fasilitas, kualitas layanan dan kinerja pustakawan. Ketersediaan koleksi yang ada pada bagian layanan sirkulasi belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan pemustaka hal ini diketahui melalui persepsi pemustaka yang memanfaatlan koleksi yang ada pada layanan sirkulasi, dari segi fasilitas yang ada sudah cukup memadai dalam menunjang pemustaka memanfaatkan koleksi yang ada, kualitas layanan sudah bisa dikatakan baik dan dilihat dari segi kinerja pustakawan masih kurang dikarenakan masih ada beberapa koleksi yang terletak pada meja belajar serta koleksi yang terletak tidak sesuai pada rak buku.

 

Kata Kunci : Persepsi Pemustaka, Layanan Sirkulasi

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Moha, A. .-., Golung, A. M., & Londa, J. W. (2022). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/40131

Most read articles by the same author(s)

> >>