ANALISIS SEMIOTIKA FOTOGRAFI HUMAN INTEREST PADA PAMERAN FOTO KARYA MAHASISWA FISPOL UNSRAT DI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
Abstract
ABSTRAK
P
enelitian ini bertujuan untuk menganalisis semiotika fotografi dan mengetahui bagaimana makna denotasi dan konotasi dalam pameran foto human interest karya mahasiswa Fispol Unsrat. Semiotika merupakan suatu kajian ilmu tentang tanda. Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat, di dalamnya diajarkan mata kuliah fotografi, tidak hanya mata kuliah teori saja melainkan praktik yang disalurkan melalui pameran fotografi. Pameran ini mengangkat tema foto yang mengandung nilai tentang Human Interest . Human Interest merupakan salah satu dari sekian jenis fotografi yang ada. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori semiotika dari Roland Barthes, Barthes menjelaskan dua tingkat dalam pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi (Rusmana, 2014:200). Menurut Barthes, denotasi merupakan tanda yang penandanya mempunyai tingkat kesepakatan yang tinggi yang menghasilkan makna sesungguhnya dan bersifat langsung, sedangkan konotasi, merupakan aspek makna sebuah atau sekelompok kata yang didasarkan atas perasaan atau pikiran yang timbul atau ditimbulkan pada penulis dan pembaca. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu analisis isi kualitatif dengan pendekatan semiotika yang mengacu pada teori Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto human interest yang ditampilkan di pameran foto memiliki banyak makna dan pesan sehingga mampu menghidupkan kembali hasil karya foto yang telah di pamerkan menampilkan unsur foto human interest yang dinilai bisa menarik perhatian audiens dan ketika dilihat tidak hanya sebatas gambar tetapi foto-foto tersebut memiliki tanda dan pada dasarnya ada makna di dalamnya.
Â
Â
Kata Kunci : Semiotika, human interest, fotografi