PERAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 MANADO

Authors

  • Sitti Aisyah
  • Julia T. Pantow
  • Ferry V.I.A. Koagouw

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi dalam bentuk media online atau internet saat ini begitu pesatnya, sehingga segala sesuatu bisa didapatkan dari sana, termasuk informasi untuk menunjang kegiatan belajar bagi siswa. Bahkan saat ini dengan perkembangan teknologi tadi, pengguna handphone pun bisa mengakses berbagai informasi dari genggamannya.Media online adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk kehidupan manusia, seperti membantu siswa dalam menunjang kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teori mediamorfosis. Metode ini hanya memaparkan situasi atau peristiwa apa adanya. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.. Adapun informan adalah orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian. Adapun ciri-ciri informan yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu: Siswa yang berprestasi di kelasnya maupun siswa yang berprestasi di luar sekolah. Dengan fokus penelitian adalah :1. bagaimana motif siswa dalam menggunakan media online? 2. apa saja informasi yang digunakan siswa dalam mengakses media online? 3. bagaimana intensitas waktu dalam mengakses media online?

Hasil penelitian adaah sebagai berikut Pertama, motif-motif siswa dalam menggunakan media online. Motif mahasiswa menggunakan media online dipengaruhi tiga faktor yaitu dari guru, diri sendiri dan dari teman. Kedua, informasi yang diakses melalui media online beragam dari pelajaran sekolah sampai bermain game. Terakhir, intensitas waktu dalam mengakses media online tergantung kebutuhan meski kadang tak terkontrol.

Penelitian ini juga menyarankan: Agar setiap sekolah dilengkapi dengan sarana media online sehingga bisa membantu dalam proses belajar mengajar. Agar para siswa dan siswi bisa menggunakan media online yang positif sehingga bisa membantu prestasi belajar dan kreatif dalam belajar mengajar siswa dan siswi.

Downloads

How to Cite

Aisyah, S., Pantow, J. T., & Koagouw, F. V. (2015). PERAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8626

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)