PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP FUNGSI PELAYANAN REFERENS DI BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Wa Jumaeda La Tiwu
  • A. Tabaga
  • Anton Boham

Abstract

Perpustakaan sebagai sumber informasi, memanfaatkan sumber daya yang ada semaksimal mungkin untuk kepentingan pemustaka, agar perpustakaan dapat memberikan layanan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka yang mempunyai minat serta kebutuhan informasi yang berbeda-beda. Perpustakaan yang menyediakan informasi dan memberikan layanan kepada pemustaka dari seluruh lapisan masyarakat adalah perpustakaan umum. Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara yang berada dalam satu wilayah di kota Manado/ Kecamatan Tikala, yang melayani seluruh masyarakat kota Manado tanpa memandang usia, ras, agama dan lain sebagainya, yang merupakan sumber penyedia sarana informasi. Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara menyediakan berbagai macam pelayanan untuk pemustaka, diantaranya adalah pelayanan referens.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metodologi penelitian deskriptif. Dengan melakukan penjaringan data secara langsung di lapangan (pada saat pemustaka berkunjung dan beraktifitas di dalam perpustakaan).

Hasil penelitian terhadap 40 responden menunjukan bahwa ternyata Berdasarkan hasil pengolahan data responden bahwa tingkat persepsi pemustaka terhadap fungsi pelayanan referens dalam memberikan pengawasan, informasi, bibliografi, bimbingan dan instruksi yang diberikan petugas memberikan respon positif. Petugas Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara khususnya di ruang referensi sudah menunjukkan perannya melalui pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai petugas dalam pelayanan kepada pemustaka.

Kata kunci: perpustakaan, pelayanan referensi, fungsi pelayanan referensi, pemustaka.

Downloads

How to Cite

Tiwu, W. J. L., Tabaga, A., & Boham, A. (2015). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP FUNGSI PELAYANAN REFERENS DI BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9894

Issue

Section

Articles