PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MATAHARI DEPARTEMENT STORE MANADO TOWN SQUARE

Authors

  • Suhailah . Alkatiri Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy . Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16394

Abstract

Abstrak: Perkembangan ekonomi dunia berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan ditandai adanya usaha-usaha di bidang fashion yang semaskin banyak bermunculan. Yang memiliki peran sangat penting dalam perekonomian serta pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam hal ini yaitu industri Departement store. Pertumbuhan industri Departement Store cukup pesat mulai dari tahun 1962 tercatat sampai saat ini sekitar 300 gerai. Salah satunya usaha Departement Store yang dari dulu hingga sekarang selalu menjadi pilihan utama yaitu Matahari Departement Store. Perlu diketahui beberapa faktor yang mempengaruhi minat seseorang konsumen untuk meningkatkan pertumbuhan di departement store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan, potongan harga secara simultan dan secara parsial terhadap minat beli konsumen Matahari Departement Store Mantos. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda untuk uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung atau pernah berkunjung dan yang melakukan pembelian di Matahari Departement Store Mantos. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan potongan harga ditemukan berpengaruh baik secara simultan maupun secara parsial terhadap minat beli konsumen pada Matahari Departement Store mantos. Manajemen Matahari sebaiknya memperhatikan hasil penelitian ini dengan meningkatkan promosi harga seperti discount, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat beli konsumen.
Kata Kunci: Daya tarik iklan, potongan harga, minat beli konsumen

Author Biographies

Suhailah . Alkatiri, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ferdy . Roring, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-07-03