Pembuatan Game Simulasi Kewirausahaan untuk Profesi Nelayan

Authors

  • Chandra Gardadinata
  • Arie S.M. Lumenta
  • Alwin M. Sambul

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.14.1.2019.23835

Keywords:

Entrepreneurship, Fisherman, Game, Simulation Game.

Abstract

Abstrak – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Akan tetapi, sumber daya alam tersebut belum dapat digunakan secara efektif oleh masyarakatnya. Hal ini dikarenakan masyarakat masih belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk memberdayakannya. Kurangnya pengetahuan tersebut juga dapat menyebabkan masyarakat untuk kehilangan kesempatan untuk bekerja. Untuk menanggapi permasalahan tersebut masyarakat dapat mempelajari kewirausahaan. Dengan mengajarkan masyarakat kewirausahaan, sumber daya alam Indonesia dapat digunakan secara efektif oleh mereka dan sekaligus menaikkan partisipasi kerja mereka. Oleh sebab itu, perlu adanya sebuah media interaktif yang dapat mengajarkan kewirausahaan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuat sebuah game simulasi kewirausahaan untuk profesi nelayan yang akan digunakan masyarakat sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan secara online di tahap terakhir pembuatan game, dari 30 responden dapat dilihat sekitar 83% responden menjawab game ini dapat menyimulasikan kewirausahaan dengan baik dan dapat menyampaikan informasi kewirausahaan dengan baik . Dan dari hasil kuesioner yang bertujuan untuk menguji jika game simulasi kewirausahaan yang dibuat dapat memberikan wawasan pembelajaran akan kewirausahaan, dapat dilihat adanya peningkatan jawaban yang benar dari sebelum dan sesudah para pemain memainkan game.

Kata kunci — Game; Game Simulasi; Kewirausahaan; Nelayan.

 

Abstract – Indonesia is one of the nation that is rich with natural resource, however, these natural resource can’t be used effectively yet by its people, this is because the people still doesn’t have enough knowledge to empower them. This lack of knowledge also can cause people to lose opportunity to work. To respond to this problem the people can learn entrepreneurship. By teaching the people entrepeneurship, Indonesia’s natural resource can be used more effectively by them and at the same time increase their work participation. Therefore, there needs to be an interactive media that can teach entrepreneurship. The main goal of this research is to create an entrepreneurship simulation game for the fisherman profession that will be used as a learning medium by the people. Based on the result of a questionnaire that is shared online in the last stage of game development, from 30 respondents it can be seen that around 83% of the respondents answered the game can simulate entrepreneurship well and can convey entrepreneurship information well. And from the result of the questionnaire which aims to test if the created entrepreneurship simulation game can provide insights into entrepreneurship, it can be seen that there is an increase in the correct answer from before and after players play the game.

Keywords — Entrepreneurship; Fisherman; Game; Simulation Game.

Downloads

Published

2019-03-19