Game 2 Dimensi Tentang Sam Ratulangi Sebagai Pahlawan Nasional

Authors

  • Hafdi Dawaso
  • Sherwin R.U.A. Sompie
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.13.4.2018.28095

Abstract

Abstract — Seiring dengan perkembangan teknologi dan komputer, kita tahu bahwa game selain memiliki pengaruh buruk berupa kecanduan, game juga bisa memberikan manfaat dalam menyediakan informasi dalam hal ini pembelajaran ataupun berupa media pengenalan. Game 2 Dimensi tentang Sam Ratulangi sebagai Pahlawan Nasional bertujuan untuk memperkenalkan tokoh pahlawan Sam Ratulangi secara tidak langsung melalui biografi singkat. Game ini dibangun menggunakan salah satu game engine yaitu Unity dengan menggunakan sudut pandang 2 dimensi. Metode penilitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle yang memiliki 6 tahapan, concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution dengan menggunakan kerangka kerja Work Breakdown Sctructure agar lebih terstruktur. Kesimpulannya adalah game 2 dimensi tentang Sam Ratulangi sebagai pahlawan nasional ini menjadi salah satu media game pengenalan yang sangat bermanfaat dan membantu dalam mempelajari tentang tokoh pahlawan Sam Ratulangi. Dari hasil pengujian sekitar 40% responden menyatakan game ini memberikan pengetahuan dan infromasi, serta 36% menyatakan sangat bermanfaat dan menarik.

Kata kunci —Game Sejarah, MDLC, Sam Ratulangi Tokoh Pahlawan,  WBS

 

Abstract — Along with the development of technology and computers, we know that games besides having a bad influence in the form of addiction, games can also provide benefits in providing information in this case learning or in the form of media recognition. The 2 Dimension game about Sam Ratulangi as a National Hero aims to introduce hero hero Sam Ratulangi indirectly through a short biography. This game was built using one of the game engines namely unity using a 2-dimensional perspective. The research method used is the Multimedia Development Life Cycle which has 6 stages, concept, design, collecting materials, assembly, testing, and distribution using the Work Breakdown Structure framework to be more structured. The conclusion is the 2-dimensional game about Sam Ratulangi as a national hero is one of the media games that are very useful and helpful in learning about the hero Sam Ratulangi. From the results of testing about 40% of respondents said this game provided knowledge and information, and 36% said it was very useful and interesting.

Kata kunci —Game Sejarah, MDLC, Sam Ratulangi Tokoh Pahlawan,  WBS

Downloads

Published

2018-12-22