Optimizing the use of the docks in Ocean Fishing Port Bitung, North Sulawesi, Indonesia

Authors

  • Iwan Hakim Program Studi Ilmu Perairan, Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi. Jl. Kampus Unsrat Kleak, Manado 95115, Sulawesi Utara, Indonesia
  • K.W.A. Masengi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi. Jl. Kampus Unsrat Bahu, Manado 95115, Sulawesi Utara, Indonesia
  • Alfret Luasunaung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi. Jl. Kampus Unsrat Bahu, Manado 95115, Sulawesi Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35800/jasm.4.1.2016.14405

Keywords:

ocean fishing port, Bitung, Indonesia

Abstract

Title (Bahasa Indonesia): Pengoptimalan penggunaan dermaga di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

This study was aimed to determine the basic and functional facilities conditions in the ocean fishing port of Bitung and analyze the level of utilization of basic and functional facilities. This research used a descriptive method, in which data were collected through observation, interviews, documentation, and literature reviews. Results indicated that the basic facilities, such as port, reclaimed land, docks 1 and 2, and the complex, were in good condition. The functional facilities were also good, so that the the fishing port of Bitung has met the requirements of technical and operational criteria for fisheries activities.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi fasilitas dasar dan fungsional yang ada di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung dan menganalisis tingkat pemanfaatan fasilitas dasar dan fungsional yang ada di PPS Bitung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa fasilitas pokok yang terdiri dari lahan pelabuhan, lahan reklamasi, dermaga 1 dan 2, serta jalan komplek dalam kondisi baik dan fasilitas fungsional di PPS Bitung juga dalam kondisi baik, sehingga PPS Bitung sudah sesuai dengan kriteria teknis dan operasional dalam kegiatan perikanan.

References

BAMBANG and SUHERMAN (2004) Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Kepelabuhanan di Pelabuhan Perikanan Cilacap. Buletin PSP, XIV, p. 2.

DITJEN PERIKANAN (2008) Laporan Tahunan Pelabuhan Perikanan Samudera. Jakarta: Direktorat Jenderal Perikanan.

ELFANDI, S. (1994) Administrasi Pelabuhan Perikanan. Jakarta: Direktorat Jenderal Perikanan.

LUBIS and ERNANI (2000) Pengantar Pelabuhan Perikanan. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2016-04-30

Issue

Section

Articles