PEMANFAATAN TRAS SEBAGAI FILLER DALAM CAMPURAN ASPAL PANAS HRS -WC

Authors

  • Mecky R. E. Manoppo

Abstract

Lataston HRS-WC adalah campuran aspal panas bergradasi senjang yang terdiri dari Agregat kasar,sedang,halus serta Filler. Campuran ini disebut campuran aspal panas (Hot Mix Asphalt) kerana dibuat atau dicampur dalam keadan panas. Campuran ini banyak digunakan digunakan dilapangan sebagai lapis permukaan jalan. Pada pelaksanaannya dilapangan ,pelaksana sering diperhadapkan dengan tidak tetapnya gradasi yang tersedia khususnya pada fraksi bahan pengisi (Filler) . Dalam komposisi campuran untuk material bahan pengisi (filler)
dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar yaitu 6 % s/d 12 %. Material filler yang ada seperti abu batu dan semen memberikan harga yang cukup mahal .Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba menggunakan material Tras sebagai alternatif pengganti atau mengurangi pemakaian dari abu batu dan semen yang dari segi ekonomis lebih murah serta
banyak tersedia dibeberapa tempat/lokasi di provinsi Sulawesi Utara.
Penelitian dilakukan dengan mevariasikan agregat kasar, sedang, halus, pasir serta tras dengan komposisi sesuai spesifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh komposisi gradasi gabungan yang ideal yaitu dengan proporsi agregat kasar 10 %,sedang 20%,halus 50%,pasir 10% serta Tras 10 % dengan prosetase aspal 6%. Hasil akhir Penelitian ini adalah dengan evaluasi Marshall dimana diperoleh untuk Stabilitas 1624 kg,Flow 3,29 mm ,Quotient Marshall 493 kg/mm, VIM 5,87 % , VMA 16,29 % VFB 68,45% yang masih memenuhi batas spesifikasi.. Hasil ini menunjukkan bahwa Tras dapat digunakan dalam campuran Aspal HRS-WC.
Kata kunci : Aspal panas HRS-WC,Tras,Filler

Downloads