Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kabupaten Demak

Authors

  • Wakhidatun Niswah Magister Pendidikan Dasar Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.2.1.2020.31181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh supervisi akademik kepala sekolah
terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kabupaten Demak, (2) Menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kabupaten Demak; (3) Menganalisis pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian meliputi guru SD di Kabupaten Demak dengan sampel penelitian sebanyak 114 guru SD. Teknik sampling menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) supervisi
akademik kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kabupaten Demak sebesar 30,1% dengan nilai korelasi 0,315; (2) budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kabupaten Demak sebesar 25,1% dengan nilai korelasi 0,426; (3) supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah berpengaruh secara simultan terhadap kompetensi pedagogik guru SD di Kabupaten Demak sebesar 30,7% dengan nilai korelasi 0,551. Maka untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru perlu peningkatan supervisi akademik dari kepala sekolah terutama dalam kegiatan tindak lanjut supervisi dan peningkatan budaya sekolah yang lebih kondusif yang mendukung guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya.

References

Andronico, K. B. 2013. Building a positive culture for school improvement: Teachers' perceptions of assistant principals' departmental leadership (Doctoral dissertation, Fordham University).

Arnodah, I. W. 2013. Teacher improvement through peer teacher evaluation in Kenyan schools. http://doi.org/10.1108/EJTD- 10- 2012-

Bahri, S. 2014. Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena Journal, 5(1).

Basuki, S. 2015. Hubungan Pelaksanaan Supervisi, Budaya Sekolah, Semangat Kerja, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Dasar Negeri di Kalimantan Selatan. Disertasi tidak di terbitkan. Malang: DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM

Bello. 2012. Impact of Ethical Leadership on Employee Job Performance. (International Journal of Bussiness and Social Science), Vol. 3, No.11, h. 230.

Bender, S., & Dykeman, C. 2016. Supervisees’ perceptions of effective supervision: A comparison of fully synchronous cybersupervision to traditional methods. Journal of Technology in Human Services, 34(4), 326-337.

Daryanto dan Hery, T. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta. Gava Media.

Daryanto dan Tutik Rahmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media.

De Keizer, H., & Pringgabayu, D. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Budaya Sekolah, Terhadap Kinerja Guru Di SMK ICB Cinta Niaga Kota Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 4(1).

Elliani, F. 2019. Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Studi di SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). At- Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan

Agama Islam,Vol.10 (2)174-181.

Fitria, H. (2018). The Influence Of Organizational Culture And Trust

Through The Teacher Performance In The Private Secondary School In

Palembang. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Gedik, S., & Bellibas, M. S. 2015. Examining schools’ distributed instructional leadership capacity. Comparison of elementary and secondary schools. Journal of Education and Training

Studies, 3(6), 101–110. Retrieved from:

Goods, K. M. J. 2014. Culturally responsive leadership: A case study to explore stakeholders’ perceptions of culturally responsive leadership in a K-12 Public Charter School in North Carolina. (Doctoral thesis, University of Greensboro, North Carolina).

Habibi, B. 2013. Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Kompetensi Pedagogik Serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 7(1).

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26-33.

Hoy, W. K., Miskel, C. G., & Tarter, C. J. (2013). Educational administration: Theory, research, and practice (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Idris, M. 2016. The Impact of Supervision, Motivation and Work Ethic on Teachers’ Professional Competence: A Case Study of Private Islamic High School Teachers. International Journal of Human Resource Studies, 6(1), 147-158.

Istiqomah, D. N., Ekosiswoyo, R., & Pramono,S. E. 2019. Influence of School Culture, Headmaster Supervision and Interpersonal Communication Towards Teacher’s Social Behavior. Educational

Management, 8(1), 8-16.

Karunakaran, S., Jusoh, M., & Chinna, K. 2019. Impact Of Leadership And School Culture On Students’academic Performance. European Journal of Management and Marketing Studies.

Khayatun, Nur. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja dan Diklat Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Pendidikan 6 (1) 89-100 ISSN 2654-3509

Lynch, A. D., Lerner, R. M., & Leventhal, T. 2013. Adolescent academic

achievement and school engagement: An examination of the role of schoolwide peer culture. Journal of Youth and Adolescence, 42(1), 6-19.

Machali, Imam, dan Ara Hidayat. 2016. The Handbook of Education Managemen (Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia). Jakarta. Kencana.

Manaseh, A. M. 2016. Instructional leadership: The role of heads of schools in managing the instructional programme. International Journal of Educational Leadership and Management, 4(1), 30–47.

Maryamah, E. 2016. Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 86-96.

Masaong, Abd. Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung. Alfabeta

Melville, W., Bartley, A., dan Weinburgh, M. 2012. Change Forces: Implementing Change In A Secondary School For The Common Good. Canadian Journal of Education Administration and Policy, (133).

Muharlisiani, L. T., Bariroh, S., Sundari, S., Elan, U., Kusumaningrum, D., Farida, N., & Rahayu, D. I. 2019. Teacher’s Pedagogic Competency: Implementation of 2013 Curriculum through a

Sustainable Academic Supervision. In 6th International Conference on

Community Development (ICCD 2019). Atlantis Press.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Ohlson, M., Swanson, A., Adams-Manning, A., & Byrd, A. 2016. A culture of success— examining school culture and student outcomes via a performance framework. Journal of Education and Learning,

(1), 114–127.

Peraturan Menteri Pendidikan Naional RI No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Pourrajab, M., & Ghani, M. F. A. 2017. The Relationship Between School Organizational Culture And Characters Of School Stakeholders:

Students’perceptions. Mojem: Malaysian Online Journal of Educational Management, 3(2), 18-31

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regersi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta. Gava Media

Prokopchuk, J. 2016. Unpacking the impact of school Culture: A Principals Role in Creating and Sustainiung The Culture of a School. Research Review Journal, 1(2), 73-82.

Prytula, M. P. 2012. Teacher metacognition within the professional learning community. International Education Studies, 5(4), 112-121.

Purbowati. 2016. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Semarang : TESIS.UPGRIS Semarang

Raman, A. 2015. The Relationship Between Culture and Organizational

Commitment Among Chinese Primary School Teachers. Mediterranian Journal of Social Studies. 6 (2):93:100.

Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta. Kalam Mulia.

Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. 2018. The Influence Of Headmaster’s Supervision And Achievement Motivation On Effective Teachers. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Santri, Ria Putri. 2016. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan

Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kota Lubuklinggau,

Manajer Pendidikan, 10(3).

Setiawan, Eko. 2018. Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Jakarta. Erlangga.

Setiyati, S. 2014. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.

Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Ketrampilan Berfikir Kreatif. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Suhartini, C. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Profesi Guru Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru (Survey pada Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 10(19).

Suhayati, I. Y. 2013. Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1).

Supriadi, E., & Yusof, H. 2015. Relationship between Instructional Leadership of Headmaster and Work Discipline and Work Motivation and Academic Achievement in Primary School at Special Areas of Central Jakarta. Journal of Education and Learning,

(3), 123-135.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Arruzz Media.

Supriyono, A. 2018. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1-12.

Sutiat. 2018. Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP di Sub Rayon 06 Kabupaten Semarang. Tesis tidak diterbitkan. Semarang. Tesis UPGRIS Semarang

Taahayadin, F., & Daud, Y. 2018. School culture and school improvement challenges in Kedah. Journal of Business and Management, 20(6), 25- 30.

Thapa, a., Cohen, J., Guffey, S., dan Higgins- D’Alessandro, a. 2013. A review of school climate research. Review of Educational Research, 83(3), 357–385.

Veeriah, J., Piaw, C. Y., Li, S. Y., & Hoque, K.E. 2017. Teachers’perception On The Relationships Between Transformational

Leadership And School Culture In Primary Cluster Schools. Mojem: Malaysian Online Journal of Educational Management, 5(4), 18-34.

Vos, D., Van der Westhuizen, P., Mentz, P., & Ellis, S. 2012. Educators and the quality of their work environment: An analysis of the organizational climate in primary schools. South African Journal of

Education, 32(1), 56-68.

Wang, X. P., Jiang, L., & Zhong, J. M. 2015. Study on fuzzy comprehensive evaluation model of teacher’s performance. In Applied Mechanics and Materials (Vol. 701, pp. 1352-1358). Trans Tech Publications Ltd.

Wesly Hutabarat. 2015. The Impact of Organizational Culture, Organizational Structure, and Job-Satisfaction on High School Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol.3, No. 3, h. 413

Widiyanti, E., Murwati, M., & Raharjo, T. J. 2018. The Influence of Principal Leadership, School Culture through Motivation on Junior High School Teacher Performance. EducationalManagement, 7(1), 11-16.

Downloads

Published

2020-03-01