Edukasi pada Ibu Hamil dan Ibu Menyusui tentang MP-ASI Pangan Lokal di Puskesmas Ulu Siau Timur

Authors

  • Nancy Swanida Malonda Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi
  • Yulianti Sanggelorang Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi
  • Mercy I R Taroreh Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.3.1.2021.36801

Abstract

Hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak umur 36-59 bulan di daerah pesisir Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara tahun 2019, diperoleh data bahwa 67.2% anak tidak diberikan  ASI Eksklusif, 22,5 % anak dengan pemberian MP-ASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) yang tidak tepat, dan ditemukan 36.5% atau 50 anak yang mengalami stunting.  Pemberian MP-ASI yang tidak tepat dapat mempengaruhi terjadinya stunting. Wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), memiliki potensi ketersediaan pangan local yang dapat diolah menjadi MP-ASI. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan ibu menyusui tentang pemberian MP-ASI dan memperkenalkan  jenis MP-ASI berbasis pangan lokal di wilayah kerja Puskesmas Ulu Siau, sehingga ada perubahan perilaku masyarakat sesuai dengan informasi yang disampaikan. Jenis metode yang dilaksanakan adalah penyampaian informasi secara langsung berupa kegiatan penyuluhan. Agar metode yang dipilih dapat berjalan efektif dan efisien, perlu didukung dengan media dan alat yang tepat  yaitu media elektronik (laptop, LCD) dan media cetak yaitu leaflet. Hasil kegiatan menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan ibu hamil dan ibu menyusui tentang pemberian MP-ASI dan cara memanfaatkan bahan pangan lokal yang ada untuk diolah menjadi MP-ASI. Penyuluhan MP-ASI berbasis pangan lokal, memberikan pengetahuan untuk perubahan perilaku ibu dalam pemberian MP-ASI sesuai syarat pemberiannya kepada  anak usia 6-24 bulan. Kegiatan ini memiliki dampak positif terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam menyediakan MP-ASI secara mandiri dalam memanfaatkan pangan lokal yang tersedia untuk mencegah stunting.

References

BPS Sitaro. 2020. Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Dalam Angka.

Departemen Kesehatan RI.2006. Pedoman Umum Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (Mp-Asi) Lokal Tahun 2006

Malonda N., Warouw F.,Kawatu P.,Sanggelorang Y. 2020. History of Exclusive Breastfeeding and Complementary Feeding as a Risk Factor of Stunting in Children Age 36-59 Months in Coastal Areas. Journal of Health, Medicine and Nursing www.iiste.org ISSN 2422-8419 An International Peer-reviewed Journal Vol.70.

Notoatmodjo S.2007. Pendidikan dan Praktek Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sanggelorang, Y.,Farmawati., Sudargo T. 2017. Ketahanan Pangan Rumah Tangga Sebagai Faktor Risiko Kejadian Stunting Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Daerah Pesisir Kecamatan Siau Timur Kabupaten Sitaro. Tesis. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sanggelorang,Y dan Malonda,N. 2020. Edukasi Mengenai Pentingnya Ketahanan Pangan Rumah Tangga dan Model Pemanfataan Pekarangan pada Pengurus TP-PKK Desa Dame I. Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia. Volume 2 Nomor 2, [ Maret 2021], hal 1-5 ISSN 2686-2891

Downloads

Published

2021-09-30