KEWIRAUSAHAAN DAN KESEMPATAN KERJA DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Authors

  • Paulus Kindangen
  • Johan Tumiwa

Abstract

Kewirausahaan diketahui memiliki pengaruh positif terhadap aktivitas ekonomi suatu masyarakat. Dengan meningkatnya aktivitas ekonomi, maka kesempatan kerja dapat diciptakan atau diperluas.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kewirausahaan terhadap kesempatan kerja di Kabupaten Minahasa dengan menggunakan model regresi berganda. Dalam pengambilan sampel digunakan metode purposive sampling dengan responden sebanyak 60 kepala keluarga dan/atau ibu rumah tangga. Responden terdiri dari pengusaha, petani/nelayan, dan pegawai negeri.

Dalam penelitian ini, variabel bebas, yaitu kewirausahaan direpresentasikan oleh variabel-variabel komitmen dan ketekunan, inisiatif dan tindakan, serta kemampuan adaptasi. Skala Likert digunakan untuk pengukuran variabel bebas. Variabel tidak bebas, yaitu kesempatan kerja adalah jumlah orang yang dipekerjakan setiap rumah tangga selama setahun.

Hasil analisis data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja. Secara parsial, dua variabel bebas, yaitu komitmen dan ketekunan serta inisiatif dan tindakan berpengaruh positif dan signifikan. Variabel bebas lainnya, yaitu kemampuan adaptasi secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan.

Downloads

Issue

Section

Articles