PERBANDINGAN RASIO DAN KECEPATAN KOMPRESI MENGGUNAKAN ALGORITMA HUFFMAN, LZW DAN DMC

Authors

  • Nancy J. Tuturoong

Abstract

Kompresi ialah proses pengubahan sekumpulan data menjadi suatu bentuk kode untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data. Dengan menggunakan algoritma Huffman, proses pengompresan teks dilakukan dengan menggunakan prinsip
pengkodean, yaitu tiap karakter dikodekan dengan rangkaian beberapa bit sehingga menghasilkan hasil yang lebih optimal. LZW adalah repeated-string compressor, LZW menggunakan kamus data (atau yang sering disebut dengan translation table atau string table) untuk merepresentasikan agar data menjadi linier di dalam uncompressed input stream. DMC merupakan teknik kompresi yang adaptif, karena struktur mesin finite-state berubah seiring dengan pemrosesan file. Kemampuan kompresinya tergolong amat baik, meskipun waktu komputasi yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan metode lain.
Secara rata-rata algoritma Huffman membutuhkan waktu kompresi yang tersingkat, diikuti algoritma LZW dan yang terakhir algoritma DMC. LZW mengorbankan kecepatan kompresi untuk mendapatkan rasio hasil kompresi yang baik.
Kata Kunci : kompresi, huffman, LZW, DMC

Downloads

Published

2010-08-15

Issue

Section

Articles