KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KAMPUNG KILIARMA DISTRIK AGIMUGA KABUPATEN MIMIKA PROPINSI PAPUA
Abstract
Kebijakan otonomi daerah diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah desa dalam
pelayanan publik; namun dalam kenyataan masih banyak pemerintah desa yang belum dapat mewujudkan
kinerja pelayanan publik sesuai yang diharapkan tersebut. Bertolak dari kenyataan itu maka penelitian ini
bertujuan untuk menjawab pertanyaan “bagaimana “Bagaimana kinerja Pemerintah Desa Kampung
Kiliarma Distrik Agimuga Kabupaten Mimika dalam pelayanan publik ?”
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Kinerja pemerintah kampung dalam
pelayanan public dilihat dari empat indikator yaitu efektivitas, efisiensi, responsivitas dan kualitas
pelayanan. Sumber data/responden penelitian adalah semua kepala keluarga di kampung Kiliarma yaitu
sebanyak 46 orang KK. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dibantu dengan teknik
wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) tingkat efektivitas pelayanan publik masih terkategori sedang dan
rendah dilihat dari tingkat kemampuan dalam menyusun, mengembangkan dan melaksanakan program dan
kegiatan pelayanan publik secara berhasil; (2) tingkat efisiensi pelayanan publik masih terkategori sedang
dan rendah dilihat dari kemampuan melaksanakan pelayanan publik secara cepat (waktu), tepat (biaya), dan
mudah (prosedur dan mekanisme pelayanan); (3) Tingkat responsivitas pelayanan publik masih terkategori
sedang dan rendah dilihat dari tingkat keselarasan program dan kegiatan pelayanan yang
ditetapkan/dilaksanakan dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat; (4)Tingkat kualitas pelayanan
masih terkategori sedang dan rendah dilihat dari kemampuan dalam menyenggaarakan pelayanan publik
yang berkualitas dan memuaskan masyarakat dari segi prosedur dan mekanisme pelayanan, persyaratan
teknis dan administratif pelayanan, transparansi biaya pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, dan
tanggung jawab dalam memberikan pelayanan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa kinerja pemerintah Kampung
Kiliarma Distrik Agimuga Kabupaten Mimika Propinsi Papua masih terkategori rendah sampai sedang
dilihat dari indikator efektivitas, efisiensi, responsivitas, dan kualitas layanan.
Bertolak dari kesimpulan hasil penelitian tersebut maka perlu direkomendasikan saran : untuk
mewujudkan peningkatan kinerja pemerintah Kampung Kiliarma dalam pelayanan publik, maka perlu
dilakukan peningkatan kompetensi aparat pemerintah kampung, peningkatan prasarana dan sarana
pelayanan publik, dan pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik.
Kata Kunci : kinerja, pemerintah desa/kampung, pelayanan publik
pelayanan publik; namun dalam kenyataan masih banyak pemerintah desa yang belum dapat mewujudkan
kinerja pelayanan publik sesuai yang diharapkan tersebut. Bertolak dari kenyataan itu maka penelitian ini
bertujuan untuk menjawab pertanyaan “bagaimana “Bagaimana kinerja Pemerintah Desa Kampung
Kiliarma Distrik Agimuga Kabupaten Mimika dalam pelayanan publik ?”
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Kinerja pemerintah kampung dalam
pelayanan public dilihat dari empat indikator yaitu efektivitas, efisiensi, responsivitas dan kualitas
pelayanan. Sumber data/responden penelitian adalah semua kepala keluarga di kampung Kiliarma yaitu
sebanyak 46 orang KK. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dibantu dengan teknik
wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) tingkat efektivitas pelayanan publik masih terkategori sedang dan
rendah dilihat dari tingkat kemampuan dalam menyusun, mengembangkan dan melaksanakan program dan
kegiatan pelayanan publik secara berhasil; (2) tingkat efisiensi pelayanan publik masih terkategori sedang
dan rendah dilihat dari kemampuan melaksanakan pelayanan publik secara cepat (waktu), tepat (biaya), dan
mudah (prosedur dan mekanisme pelayanan); (3) Tingkat responsivitas pelayanan publik masih terkategori
sedang dan rendah dilihat dari tingkat keselarasan program dan kegiatan pelayanan yang
ditetapkan/dilaksanakan dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat; (4)Tingkat kualitas pelayanan
masih terkategori sedang dan rendah dilihat dari kemampuan dalam menyenggaarakan pelayanan publik
yang berkualitas dan memuaskan masyarakat dari segi prosedur dan mekanisme pelayanan, persyaratan
teknis dan administratif pelayanan, transparansi biaya pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, dan
tanggung jawab dalam memberikan pelayanan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa kinerja pemerintah Kampung
Kiliarma Distrik Agimuga Kabupaten Mimika Propinsi Papua masih terkategori rendah sampai sedang
dilihat dari indikator efektivitas, efisiensi, responsivitas, dan kualitas layanan.
Bertolak dari kesimpulan hasil penelitian tersebut maka perlu direkomendasikan saran : untuk
mewujudkan peningkatan kinerja pemerintah Kampung Kiliarma dalam pelayanan publik, maka perlu
dilakukan peningkatan kompetensi aparat pemerintah kampung, peningkatan prasarana dan sarana
pelayanan publik, dan pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik.
Kata Kunci : kinerja, pemerintah desa/kampung, pelayanan publik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh :
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado
Editorial Office :
Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115
Phone: +6281295145441