DESKRIPSI SEKOLAH DASAR (SD) DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, STANDAR PROSES, STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

Rinny Tutud, Djoni Hatidja, Hanny Komalig

Abstract


DESKRIPSI SEKOLAH DASAR (SD) DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, STANDAR PROSES, STANDAR PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

ABSTRAK

Standar Nasional Pendidikan merupakan sistem pendidikan yang diterapkan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan Sekolah Dasar di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan empat Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara pada bulan September 2017 dan sampel yang diambil yaitu 30 Sekolah Dasar (SD). Data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner. Teknik pengambilan sampel yakni Purposive Random Sampling yang digunakan untuk menentukan kecamatan yang akan dijadikan sampel, kemudian menggunakan Simple Random Sampling untuk menentukan sekolah-sekolah yang akan dijadikan sampel. Metode yang digunakan yaitu analisis deskripsi. SD GMIM Ratahan (K3) adalah sekolah yang memiliki nilai paling tinggi pada tiga Standar Nasional Pendidikan yaitu standar kompetensi lulusan, standar proses dan standar pembiayaan pendidikan, sekolah ini termasuk sekolah yang sudah terakreditasi A. Sedangkan sekolah yang memiliki nilai paling rendah adalah SD GMIM Kuyanga (K13) untuk standar kompetensi lulusan dan SD Negeri Kecil Banga (K17) untuk standar proses dan standar pembiayaan pendidikan, kedua sekolah tersebut termasuk sekolah yang belum terakreditasi. SD Negeri 1 Tombatu (K24) adalah sekolah yang memiliki nilai paling tinggi untuk standar penilaian pendidikan dan sekolah ini termasuk sekolah yang sudah terakreditasi. Sedangkan SD Negeri Wioi (K2) adalah sekolah dengan nilai paling rendah pada standar penilaian pendidikan dan sekolah ini termasuk sekolah yang sudah terakreditasi B.

Kata kunci : Sekolah Dasar (SD), Standar Nasional Pendidikan, Analisis Deskripsi, Kabupaten Minahasa Tenggara

 

DESCRIPTION OF ELEMENTRY SCHOOL IN SOUTHEAST MINAHASA REGENCY BASED ON GRADUATES COMPETENCY STANDARD, PROCESS STANDARD, EDUCATION FINANCING STANDARD

AND EDUCATION ASSESSMENT STANDARD

 

ABSTRACT

National Education Standard is an education system implemented throughout the jurisdiction of the Unitary State of the Republic of Indonesia. The purpose of this study is to describe the elementary school in Southeast Minahasa Regency based on four National Education Standard namely Graduates Competency Standard, Process Standard, Education Financing Standards and Education Assessment Standard. The research was conducted in Southeast Minahasa District, North Sulawesi in September 2017 and samples taken were 30 elementary schools. The data used is the primary data in the form of questionnaires. The sampling technique is Purposive Random Sampling which is used to determine the sub-district to be sampled, then using Simple Random Sampling to determine the schools that will be sampled. The method used is description analysis. GMIM Ratahan (K3) Elementry School is the school that has the highest score on the three National Education Standards namely graduate competency standards, process standards and education financing standards, this school includes accredited schools A. While schools that have the lowest value are GMIM Kuyanga (K13) Elementry School for the competency standards of graduates and Negeri Banga (K17) Elementry School for standard process and education financing standards, both schools include unaccredited schools. Negeri 1 Tombatu (K24) Elementry School is the highest rated school for education and school assessment standards including accredited schools. While Negeri Wioi (K2) Elementry School is the school with the lowest score on the standard assessment of education and this school includes accredited school B.

Keywords:       Elementry School, National Education Standard, Analysis Description, Southeast  Minahasa District

Full Text:

PDF

References


Agust, J. 2016. MITRA (Kabupaten Minahasa Tenggara) Sulawesi Utara. Http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1911547

Desember 2017].

Daman, R. dan Dj. Hatidja. 2012. Pemetaan SMP-SMP di Kab. Minahasa Tenggara Berdasarkan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pebiayaan Menggunakan Analisis Biplot. Jurnal De Cartesian 1(1):34-35.

Johnson, R. A and D. Wichern. 2005. Applied Multivariate Statistical Analysis. Fifth Edition. Prentice Hall Inc., USA.

Hatidja, D. 2010. Analisis Biplot Terhadap Mutu Pendidikan SMA-SMA di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Sains, 10(1).

Hatidja, D. dan R. Take. 2012. Pemetaan SMP-SMP di Kab. Minahasa Tenggara Berdasar-kan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi dan Standar Proses. Prosiding Seminar Nasional Matematika XVI, Bandung 3-6 Juli 2012.

Hatidja, D. dan C. Mongi. 2009. Metode Statistika I. Bahan Ajar. FMIPA Unsrat, Manado.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto, Ch., D. Hatidja, dan M. Paendong. 2015. Pemetaan SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Empat Indikator Standar Nasional Pendidikan Dengan Menggunakan Analisis Biplot. Jurnal De Cartesian 4(1):41.

Rembang, P., D. Hatidja dan H. Komalig. 2017. Deskripsi SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Indikator Standar Nasional Pendidikan Berbasis Evaluasi Diri Sekolah (Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan). Jurnal Ilmiah Sains 17(2):124.

Sepang, M.Z., D. Hatidja dan Y. Langi. 2015. Pemetaan SMA dan SMK Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Proses, Pembiayaan Pendidikan, dan Penilaian Pendidikan Menggunakan Analisis Biplot di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal De Cartesian 4(1):217.

Simamora, B. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ridwan dan Akdon. 2005. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta, Bandung.

Taarega, S.K., D. Hatidja dan M. Paendong. 2016. Deskripsi SMA dan SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Berbasisi Evaluasi Diri Sekolah (Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Tenaga Kependidikan). Jurnal Ilmiah Sains 16(2):67.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidika Nasional.




DOI: https://doi.org/10.35799/jis.18.2.2018.20048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




         

      

My Visitors:

COPYRIGHT NOTICE: Copyright Holder in Jurnal Ilmias Sains is The Author

LICENSE: (CC-BY-NC)