KAJIAN PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT DI KELURAHAN TINOOR 1 KECAMATAN TOMOHON UTARA KOTA TOMOHON
Abstract
Penelitian ini dengan rumusan masalah adalah bagaimana pemanfaatan layanan membaca koleksi di tempat perpustakaan keliling oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tomohon di Kelurahan Tinoor 1 Kecamatan Tomohon Utara, kemudian juga tentang apakah pemanfaatan layanan membaca koleksi di tempat perpustakaan keliling dapat meningkatkan minat baca masyarakat di kelurahan Tinoor 1 Kecamatan Tomohon Utara. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Mendapatkan hasil penelitian : 1. Sarana-prasarana: Kelengkapan sarana-prasarana belum maksimal dan memadai dalam memberikan kenyamanan bagi pemustaka untuk membaca buku di tempat seperti yang diharapkan dapat meningkatkan frekwensi kunjungan pemustaka atau informan untuk memanfaatkan layanan membaca di tempat dalam waktu lama. Tidak adanya fasilitas penyediaan kursi, tenda baca, dan penentuan pos pelayanan kurang tepat menyebabkan terbatasnya daya tampung pemustaka, terbatasnya pemustaka yang mau memanfaatkan koleksi yang disediakan. 2. Keadaan Koleksi :Informan menyatakan, ketersediaan masih belum lengkap dan masih belum mampu memenuhi kebutuhan pemustaka dari berbagai golongan dan mayoritas profesi pemustaka pada umumnya. karena masih banyak keluhan dari segi kualitas, mutu dan kuantitas keterpakaian belum maksimal karena masih terdapat buku-buku yang kurang aktual dengan tahun terbit dan edisi lama. 3. Layanan : 1. Penentuan jadwal pelayanan sangat terbatas yaitu hanya dilakukan sekali-2 kali maksimal pelayanan dalam satu bulan. Serta pemberian waktu pelayanan yang singkat membuat pemustaka komplain dan merasa tidak puas, karena belum dapat memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan. 2. Jenis layanan yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Keliling kota Tomohon adalah layanan sirkulasi dan layanan membaca. 3. Layanan baca di tempat kurang belum dapat meningkatkan minat baca karena dipengaruhi kendala-di lapangan yaitu kekurangan sarana-prasarana kelengkapan sarana dan prasarana, yang belum memadai, tempat membaca atau post pelayanan yang sempit, pemberian waktu layanan yang singkat yaitu hanya 1 shift pelayanan, SDM pustakawan dalam memahami kebutuhan pengguna, serta ketersediaan koleksi yang mutakhir dan berkualitas.
Kata Kunci : Kajian, Pemanfaatan Layanan, Perpustakaan Keliling,
Kata Kunci : Kajian, Pemanfaatan Layanan, Perpustakaan Keliling,
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.