PERANAN KOMUNIKASI BISNIS “RECI” (Dekorasi Dan Rias Pengantin) DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR DI KECAMATAN MODOINDING

Pingky Mentari Oroh, Desie M.D. Warouw, Edmon R. Kalesaran

Abstract


Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana proses komunikasi bisnis yang dilakukan oleh “Reci” decorasi dalam menghadapi persaingan pasar di kecamatan Modoinding juga mengenai kendala atau hambatan apa yang ditemui dalam melakukan komunikasi bisnis “Reci” Dekorasi dalam menghadapi persaingan pasar di Kecamatan Modoinding. dengan menggunakan landasan teori model promotion mix, maka hasil penelitian adalah : (1) Peranan komunikais bisnis yang dilakukan oleh Reci Salon dan dekorasi belum terlalu optimal dalam menghadapi persaingan pasar yang ada di Modoinding, dimana masih belum menggunakan secara optimal berkaitan dengan bentuk komunikasi bisnis guna menunjang pencapaian keuntungan dan target market yang lebih besar. (2)Strategi penggunaan iklan merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Reci salon dan dekorasi dalam menghadapi persaingan yang terjadi di kecamatan modoinding, iklan yang sering digunakan dalam bentuk pamplet, brosur dan poster, sementara untuk iklan radio dan televisi belum pernah digunakan. (3)Penggunaan strategi komunikasi bisnis dengan memanfaatkan sales promotions sudah digunakan oleh Raci Salon dan dekorasi, walaupun hanya memanfaatkan kemampuan karyawan salon serta karyawan dekorasi, bahkan owner secara langsung menjadi sales promotion dalam meningkatkan serta menghadapi persaingan pasar dibidang tersebut. (4)Kegiatan Public relations dan publisitas sudah dilakukan oleh Reci salon dan dekor, tetapi untuk bagian dalam managemen yang menanggani PR dan Publisitas belum ada, masih dilakukan langsung oleh Manager/Owner Reci Salon dan Dekorasi tersebut. (5)Kegiatan Personal selling selalu digunakan dan menjadi strategi komunikasi terdepan dalam menjaga kepuasan pelanggan serta dalam melakukan promosi tentang jasa salon dan dekorasi tersebut. penampilan mereka dan performance para pegawai dan owner sebagai manager memberikan kesan yang sangat baik, ramah serta komunikatif bagi konsumen. (6)Kegiatan Direct selling seperti surat, telephone dan fax selalu digunakan dalam kegiatan pemasaran /bisnis Reci salon dan dekorasi, penggunaan media sosial juga dioptimalkan pada facebook sebagai media komunikasi dengan konsumen dan masyarakat.

Kata Kunci : Peranan, Komunikasi, Bisnis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.