KINERJA PUSTAKAWAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWASI UTARA PADA MASYARAKAT KELURAHAN MALALAYANG II KOTA MANADO

Imanuel Ivan Supit, Servi S. Sumendap, J. W. Londa

Abstract


Kinerja Pustakawan dalam berkerja dapat dilihat dari kinerja yang ditunjukkan lewat kompetensi dari segi kemampuan (Skill) ataupun Knowledge (Pengetahuan) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun kenyataannya pustakawan di bagian layanan perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulawesi Utara dikatakan belum maksimal memberikan pelayanan di masyarakat kelurahan Malalayang 2 dikarenakan pustakawan yang kurang dan jumlah koleksi serta fasilitas tidak memadai. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dimana metode penelitian ini dapat dimulai dengan pengumpulan informasi-informasi situasi sewajarnya, yang dapat dirumuskan oleh akal sehat manusia. Adapun focus dalam penelitian ini adalah produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Dari hasil penelitian sudah terbukti 10 orang yang dijadikan informan menyatakan bahwa petugas layanan perpustakaan keliling masih kurang, kualitas layanan yang belum maksimal, responsivitas perlu ditingkatkan lagi agar informasi pengguna bisa terpenuhi, fasilitas yang dsediakan petugas perpustakaan keliling masih terbatas, serta kinerja pustakawan layanan perpustakaan keliling selalu berorinetasi pada kebutuhan pengguna. dari kesimpulan dan saran perlu adanya penambahan petugas layanan perpustakaan keliling, perlu penambahan koleksi, perlu memperhatikan jadwal yang di tetapkan, perlu adanya penambahan fasilitas, dan perlu adanya perhatian pustakawan terhadap penyediaan tempat duduk dan meja baca untuk kenyamanan pengguna
Kata Kunci : Kinerja, Layanan Perpustakaan Keliling, Pustakawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.