PERANAN KOMUNIKASI ORGANISASI PADA UNIT TATA KELOLA DESTINASI WISATA BUNAKEN DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN TAMAN LAUT NASIONAL BUNAKEN
Abstract
Perkembangan dalam dunia pariwisata yang ada di Sulawesi Utara khususnya Kawasan Taman Laut Nasional Bunaken tentu membawa beberapa dampak yang baik maupun buruk kepada masyarakat dan juga alam sekitarnya. Kawasan Taman Laut Nasional Bunaken yang menjadi perhatian dari dari pemerintah pusat karena menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Pemerintah pusat melalui organisasi yang bernama Tata Kelola Destinasi Wisata Bunaken atau yang lebih sering disebut sebagai Destination Management Organization Bunaken bertugas untuk menjalankan fungsi organisasi dalam melakukan koordinasi lintas instansi dan masyarakat. Seiring berjalannya waktu, organisasi ini juga menghadapi masalah-masalah komunikasi organisasi di dalamnya. Sedangkan organisasi ini diharuskan mampu untuk berkomunikasi dengan berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait melalui komunikator yang ada. Sehingga informasi-informasi yang di dapat harus sesegera mungkin dapat disampaikan kepada seluruh anggotanya agar instansi terkait tersebut mengetahui informasi dan langsung menindaklanjuti untuk pengembangan kawasan Taman Laut Nasional Bunaken. Tidak jarang juga dalam proses penyaluran pesan terdapat hambatan-hambatan yang terjadi. Peranan dari komunikator-komunikator di dalam organisasi inilah yang harus menjalankan tugasnya dibantu dengan anggota lainnya agar informasi dapat disampaikan dengan baik. Tentunya diperlukan peranan dari komunikasi organisasi sebagai objek melalui komponen-komponennya agar semua orang di dalam organisasi dapat menjalankan peranannya masing-masing sebagai komunikator untuk menyalurkan informasi-informasi keorganisasian. Sehingga kedepannya nanti ketika komunikasi organisasi berjalan dengan baik di DMO Bunaken, diharapkan dapat menjalankan fungsi organisasinya dengan baik dan diharapkan dapat membawa perkembangan terhadap Kawasan Taman Laut Nasional Bunaken.
Kata kunci : peranan, komunikasi, organisasi
Kata kunci : peranan, komunikasi, organisasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.