PENTINGNYA PROMOSI KOMUNIKASI PENGELOLA DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DANAU LINOW DI KOTA TOMOHON

Michelle Claudia Tutuhatunewa, Norma N. Mewengkang, Stefie H. Harilama

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi komunikasi pengelola Danau Linow dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Danau Linow. Potensi yang di miliki Danau Linow sangat menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara sehingga merupakan satu hal yang sangat penting bagi pengelola untuk menyusun strategi dengan tujuan dapat meningkatkan wisatawan Danau Linow.. Apalagi penerbangan internasional sudah secara langsung ke Bandara Sam Ratulangi. Sehingga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Danau Linow, pengelola harus melakukan berbagai strategi agar kunjungan dapat meningkat dan berkembang. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Bauran Promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan informan berjumlah 4 orang yang merupakan pemilik Danau Linow, pegawai Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Aparat Desa Lahendong dan Wisatawan yang berkunjung di Danau Linow. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh pengelola Danau Linow melalui keempat elemen bauran promosi yaitu Periklanan, Penjualan, Promosi dan Publisitas. Walaupun masih ada kendala-kendala yang dihadapi namun pengelola Danau Linow sudah mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK dan mampu melihat peluang dan ancaman dari setiap strategi yang direncanakan untuk kemudian dievaluasi. Dari keempat elemen bauran promosi yang dilakukan oleh pengelola Danau Linow yang paling menonjol dalam meningkatkan kunjungan yaitu kegiatan Promosi dalam berbagai even-even yang diselenggarakan dimana sudah bertaraf internasional.
Kata kunci: Strategi, Promosi, Kunjungan Wisatawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.