PERSEPSI MAHASISWA PADA JASA BELANJA ONLINE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sam Ratulangi)

Desi Ratna Simanjuntak, Nolly Londa, Grace Waleleng

Abstract


Penelitian ini menggambarkan bagaimana Persepsi Mahasiswa pada Jasa Belanja Online Shopee (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sam Ratulangi) selama berbelanja di Shopee dan bagaimana kepuasan pembeli di Teknologi internet era skarang ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepuasan pembeli di Online Shopee di Fisip Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Yang menjadi fokus penelitian yaitu Citra, Harga, Tahap Pelayanan, dan Momen Pelayanan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi sementara, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2016 dan 2017 yang pernah berbelanja di Shopee.
Dalam proses penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pada pengguna Online Shopee. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Persepsi Konstruktif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa persepsi mahasiswa dalam hal : (1) Citra, kualitas produk yang dibutuhkan tiga informan kurang puas karena kualitas barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang mereka lihat di Shopee dan tujuh informan puas akan kualitas produk yang dibutuhkan. (2) Harga, dari kualitas produk mahasiswa puas mengenai harga, mahasiswa merasa puas dan tidak merasa terbebani dengan harga yang ada di Shopee. (3) kualitas pelayanan, delapan informan cukup puas dalam pelayanan pegawai/karyawan, dan dua informan kurang puas karena sikap dan cara penyampaian yang kurang mudah dimengerti. (4) momen pelayanan, Mahasiswa puas dalam pengiriman barang, karena barang sampai tepat waktu.
Kata kunci : Persepsi belanja online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.