PERAN GURU DALAM MENGOMUNIKASIKAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA-SISWI DI MANADO INDEPENDENT SCHOOL

Vonda Viona Gayatry Watupongoh, Johnny J Senduk, Anthonius M. Golung

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada peran guru dalam mengomunikasikan Bahasa Inggris pada siswa-siswi di Manado Independent School. Dengan fokus penelitian yakni, teknik komunikasi formal, teknik pendekatan komunikasi, teknik mendengar aktif dan adakah teknik lain yang digunakan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu dalam pengumpulan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan landasan teori yaitu Teori Skinner dan Teori Interaksi Simbolik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru yang digunakan dalam proses belajar siswa-siswi adalah berdasarkan komunikasi gabungan semi formal, pendekatan komunikasi, mendengar aktif dan pendekatan komunikasi antarpribadi. Dimana guru menggunakan Bahasa Inggsis dalam berkomunikasi dengan siswa-siswi dalam proses belajar dan tetap menggunakan isyarat atau simbol-simbol. Serta menggunakan media yang digunakan guru sering disebut sebagai alat pembantu berupa LCD, komputer, yang menampilkan gambar-gambar serta kata-kata dan alat media yang lainnya. Dalam proses belajar guru juga melakukan pendekatan komunikasi antarpribadi dengan siswa-siswi di Manado Independent School. Pesan yang disampaikan guru dengan menggunakan Bahasa Inggris dapat dipahami oleh siswa dan siswi. Hambatan komunikasi yang terjadi dalam proses belajar adalah keadaan guru yang kurang baik sehingga tidak memperhatikan anak didiknya atau siswa yang kurang meminati pelajaran serta pasifnya dalam penggunaan Bahasa Inggris. Akhirnya membuat pelajar tidak ingin belajar dengan aktif. Untuk itu diperlukan kesabaran yang besar bagi guru dalam mendidik dan melatih siswa-siswi untuk dapat lebih berani dalam penggunaan Bahasa Inggris serta lebih aktif dalam proses belajar.
Kata kunci : Guru, Komunikasi, Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.