STRATEGI RRI MANADO DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR PROGRAMA 2 (PRO 2) DI KOTA MANADO

Johanis Benyamin Putra Palit, Elfie Mingkid, Reiner R. Onsu

Abstract


RRI sebagai lembaga penyiaran publik berfungsi memberikan layanan siaran informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol sosial.semakin kemari dunia semakin berkembang, begitu pula dengan dunia penyiaran. sekarang ini sudah banyak sekali radio yang mengudara di manado dan semakin kemari kebutuhan masyarakat sebagai pendengarpun juga terus berubah mengikuti perkembangan yang ada.Romli dalam bukunya menuliskan beberapa karakteristik radio salah satu nya adalah radio bersifat akrab dan gaya bahasa yang dalam artian (memiliki pengaturan kata yang baik dan menarik para pendengar) namun dalam observasi RRI belum memenuhi karakter yang demikian, Kurangnya perhatian dalam hal-hal tersebut dirasa membuat minat para pendengar menurun karena kurang memperhatikan kepuasan pendengar dari segi program yang disajikan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi yang akan dilakukan oleh RRI manado dalam rangka meningkatkan minat pendengar PRO 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode kualitatif, metode ini digunakan untuk memahami secara langsung berdasarkan fakta yang ada bagaimana strategi RRI PRO 2 dalam meningkatkan minat bagi para pendengarnya. Teori yang digunakan adalah teori strategi penyiaran hasil penelitian dilihat dari indikator alat ukur yang ada dapat disimpulkan adalah sebagai berikut Perencanaan yang dilakukan oleh stasiun pusat di Jakarta tanpa ada campur tangan dari RRI Manado, Kurangnya pengetahuan terkait dunia produksi radio, Penempatan waktu program siaran yang tidak memperhatikan mobilitas pendenggar.
Kata kunci: Strategi, PRO 2, Meningkatkan Minat Pendengar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.