PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA UNSRAT

Meiny Mariyana Marina Rumbay, Yuriewaty Pasoreh, Rejune Lesnussa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan internet UPT Perpustakaan Unsrat terhadap perilaku belajar mahasiswa Unsrat. Internet yang sudah menjadi bagian dari pendidikan di dunia, menjadi begitu berpengaruh terhadap proses belajar dari mahasiswa dalam perkuliahan. Internet hadir untuk memenuhi kebutuhan ataupun kepentingan dari mahasiswa itu sendiri. Dimensi kepentingan pemanfaatan internet seperti kepentingan informasi, aktivitas hiburan/kesenangan, aktivitas transaksi maupun aktivitas komunikasi. Dalam hal kepentingan informasi, internet berperan penting terhadap kebutuhan informasi mahasiswa seperti informasi-informasi materi perkuliahan untuk membantu proses belajar mereka di kampus. Dengan disediakannya layanan internet di UPT Perpustakaan Unsrat, membuat mahasiswa terbondong-bondong ke perpustakaan untuk mengakses jaringan internet secara gratis baik untuk kepentingan informasi mereka maupun untuk aktivitas hiburan mahasiswa. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Unsrat yang menggunakan internet di UPT Perpustakaan Unsrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dan instrument yang digunakan berupa kuesioner. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi produk moment dengan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kedua variabel dalam penelitian ini yaitu nilai tuji yaitu 2,58 lebih besar dari ttabel yaitu 1,68 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Nilai korelasi rhitung adalah 0,37 dikonsultasikan dengan tabel interpretasi dari Guillford nilai korelasi ternyata pada kategori nilai antara 0,201- 0,400 dan menyatakan bahwa kedua variabel dalam penelitian ini memiliki hubungan “rendah, tapi pasti”. Dari hasil koefisien determinasi (daya penentu) maka pengaruh variabel Pemanfaatan Internet UPT Perpustakaan Unsrat terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Unsrat adalah sebesar 14%. Hasil analisis regresi linear sederhana antar kedua variabel dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang fungsional dan linear serta bermakna diantara kedua variabel yaitu Pemanfaatan Internet UPT Perpustakaan Unsrat Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Unsrat
Kata Kunci : Pemanfaatan Internet, Perilaku Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.