PERAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN PERS PADA WARTAWAN DI SEKRETARIAT ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN MANADO

Rezky Kumaat, Meity Himpong, Grace Waleleng

Abstract


Peran komunikasi adalah sebagai sarana proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan, dengan menggunakan medium pesan, sehingga memperoleh umpan balik. Tujuan penelitian untuk menggambarkan peran komunikasi dalam pendidikan pers yang dilakukan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, kepada wartawan di Kota Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis interaktif, induktif dan deskriptif, dengan lebih menekankan pada pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat nilai-nilai dari bentuk komunikasi, tujuan komunikasi dan fungsi komunikasi dalam proses pendidikan pers pada wartawan di Sekretariat AJI Manado. Bentuk-bentuk komunikasi terdiri dari komunikasi antarpribadi, komunikasi antarkelompok dan komunikasi massa. Tujuan komunikasi sendiri untuk melakukan perubahan pendapat, perubahan sikap, perubahan perilaku dan perubahan sosial. Sedangkan fungsi komunikasi untuk menyampaikan informasi, mengedukasi dan mempengaruhi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah komunikasi memiliki peran yang signifikan untuk menunjang proses pendidikan pers pada wartawan di Sekretariat AJI Manado. Bentuk komunikasi mengambil peran sebagai sarana membangun interaksi, dan membangun hubungan secara individu maupun kelompok antara AJI Manado dengan anggota organisasi, wartawan di luar organisasi dan masyarakat umum. Tujuan komunikasi mengambil peran sebagai sarana untuk menyukseskan proses kaderisasi, yang dilakukan AJI Manado kepada anggota organisasi, wartawan di luar organisasi dan masyarakat umum. Fungsi komunikasi mengambil peran sebagai sarana AJI Manado melakukan pendidikan mengenai nilai-nilai pers, kepada anggota organisasi dan wartawan di luar organisasi. Juga melakukan pendidikan kepada masyarakat umum melalui produk-produk pers (pemberitaan di media cetak, elektronik dan media daring/internet).
Kata Kunci: Peran, Fungsi, Tujuan Komunikasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.