PERSEPSI MAHASIWA PADA BERITA ONLINE POST TRUTH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Martin Saul Lumintang, Johhny J. Senduk, Nicolas Mandey

Abstract


Berita mulai berkembang pesat dan memegang peranan penting dalam penyampaian informasi. Masyarakat lebih banyak membaca berita melalui media online, karena efektif, mudah, dan cepat. Melalui media sosial, yaitu instagram yang menggunakan sistem  daring  dalam  membaca/melihat  berita  yang  sedang  tejadi  saat  ini  dengan cepat. Fenomena yang terjadi pada saat ini banyak jenis berita yang disebarkan dan dibaca  oleh  masyarakat/mahasiswa,  salah  satunya  berita  Post  Truth  yang  mulia banyak disebarkan melalui media sosial. Berita Post Truth merupakan berita yang menggunakan emosi dalam menulis isi berita dan tidak sesuai dengan fakta yang terjadi, hal ini membuat masyarkat/mahasiswa lebih tertarik untuk membaca berita tersebut, karena berita ini selalu viral dalam ruang lingkup sosial dan masyarakat lebih mencari pembenaran dari pada kebenaran. Dalam hal ini masyarakat/mahasiswa kurang mengetahui apa itu berita Post Truth dan kurangnya literasi mengenai berita Post Truth. Oleh karena itu penelitian ini membahas   tentang persepsi mahasiswa pada berita online Post Truth di media sosial instagram (studi di jurusan ilmu komunikasi Fispol Unsrat). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik snowball sampling dan menggunakan landasan teori persepsi   dimana   merupakan   panduan   untuk   mengetahui   persepsi   mahasiswa mengenai berita Online Post Truth. Dari penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan  antara  lain  :  (1)  Persepsi  mahasiswa  mengenai  peniliaian,  kesan, tanggapan  terhadap  berita  Post  Truth  Donald  Trump  kurang  baik  dan  banyak membuat masyarkat resah dalam membaca isi berita tersebut, harapan kedepannya untuk   lebih   diperbanyak   literasi   mengenai   berita   Post   truth.   (2)   mahasiwa menafsirkan akan menjadi dampak buruk bagi masyarakat tanpa adanya literasi mengenai berita Post Truth.

 

kata kunci : persepsi, Berita, Media sosial, Post truth.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.