PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH SISWA SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE. PEMBIMBING

Chairil M. Nur, Elfie Mingkid, Anita Runtuwene

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pengajar dalam pemanfaatan perpustakaan oleh siswa SMA Negeri 4 kota ternate. Guru memiliki jasa yang tiada bandingannya meskipun dibandingkan dengan profesi yang lain. Ada dua hal yang melekat pada diri guru yaitu; mendidik dan mengajar. Mendidik artinya guru mengubah membentuk perilaku dan kepribadian peserta didik melalui keteladanan, sikap dan perilaku yang dapat dsaksikan oleh peserta didik dan orang yang ada disekitarnya. Efektifitas menekankan pada hasil yang dicapai. Metode penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah informan 4 orang guru dan 1 orang petugas dan 6 siswa perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Ternate. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu empat (4) peranan guru yang terdiri dari informan, organisator, motivator, dan fasilitator. kondisi perpustakaan yang kurang memenuhi standar untuk kenyamanan belajar siswa, bahan pustaka perpustakaan yang sebagian kurang menarik dan masih belum sepenuhnya memenuhi semua kebutuhan informasi pemustakanya, sehingga pemustaka enggan memanfaatkan perpustakaan tersebut. Proses pembelajaran pada suatu pendidikan diselenggarakan secara ineraktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpatisipasi aktif, serta  memberikan ruang yang cukup bagi prakasa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik

 

Kata Kunci : Peran Guru, Pemanfaatan Perpustakaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.