PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BERBASIS SMARTPHONE TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI GORONTALO

Sitti Yustiah Adyani Humonggio, Marian Sondakh, Ferry V.I.A Koagouw

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh penerapan layanan berbasis smartphone terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan layanan berbasis smartphone terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian korelasional. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara kedua variabel dalam penelitian ini yaitu nilai tuji adalah 8,85 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Nilai korelasi rhitung adalah 0,82 diinterpretasikan kedalam tabel korelasi dari Guilford ternyata nilai “r” termasuk dalam kategori “hubungan tinggi”. Dari hasil koefisien determinasi (daya penentu) maka pengaruh variabel Penerapan Layanan Berbasis Smartphone Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Gorontalo adalah sebesar 67%. Hasil analisis regresi linear sederhana antar kedua variabel ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang fungsional dan linear serta bermakna diantara kedua variabel Penerapan Layanan Berbasis Smartphone Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Gorontalo. 

 Kata Kunci : Klasifikasi, Temu Kembali Informasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.