Analisis Isi Berita Propaganda di Media Online

Goldri Risky Lopes, Jeffry William Londa, Edmon R. Kalesaran

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberitaan propaganda yang dimuat di media online CNN Indonesia. Propaganda adalah upaya sengaja dan sistematis dengan memanfaatkan media komunikasi untuk mempengaruhi publik agar bereaksi sesuai dengan yang diinginkan sang propagandis. Inilah yang sering terlihat pada pemberitaan media tentang perang dagang Amerika china yang dikemas untuk mempengaruhi opini publik. Pada dasarnya etika dalam pemberitaan media selalu dituntut  untuk berimbang atau tidak memihak (cover both sides) agar informasi yang diterima sebagaimana adanya tanpa menggriring masyarakat pada opini tertentu. Metode yang digunakan adalah analisis isi deskriptif, sampel berita ini yang termuat telah ditentukan peneliti dari tanggal 1 September – 31 Oktober 2019. Dengan unit analisis melihat penerapan berita propaganda dari unsur name calling, testimony dan card stacking. Hasil penelitian menunjukkan berita di media online CNN Indonesia berdasarkan indikator name calling, ditemukan adanya propaganda hitam cenderung memberatkan China, lalu mengangkat propaganda putih untuk Amerika. Berdasarkan indikator Testimony menunjukkan pemberitaan dari media CNN Indonesia ditemukan adanya propaganda hitam yang cenderung memberatkan China dan mengangkat propanganda putih untuk Amerika. Dan dari indikator Card Stacking pemberitaan dari CNN Indonesia ditemukan adanya propaganda hitam yang cenderung memberatkan China.

 

Kata kunci : Analisis Isi, Perang Dagang , Propaganda.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.